Prof Mohammad Mosheer Amer dari Palestina mengaku bahagia dan mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang tinggi terhadap masyarakat desa Kenanga, kabupaten Bangka yang telah menyambut kehadiran dan menjamu dengan istimewa tamu dari 7 negara (Palestina, Yaman, Syiria, Pakistan, Mesir, Uganda dan Thailand), yang tergabung dalam International Summer Course Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung pada acara perayaan 1 Muharram 1445 Hijriah.

Hal tersebut ia sampaikan dihadapan ratusan para jama'ah masjid Al Muttaqin desa Kenanga, kabupaten Bangka pada Rabu, 19 Juli 2023 didampingi oleh Rektor UnMuh BaBel Ir. Fadillah Sabri, S.T., M.Eng., IPM., dan Wakil Rektor 1, Dr. Pratiwi Amelia, M.Pd., BI.

Masyarakat desa Kenanga menjadikan momen tahun baru Islam 1 Muharram sebagai agenda tahunan dan telah menjadi budaya kearifan lokal sebagai wisata religi dengan menyambut serta merayakannya secara meriah layaknya perayaan Idul Fitri dan Idul Adha.

Hadir dalam perayaan 1 Muharram 1445 Hijriah tersebut antara lain : Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu, AP., M.Si., M.Si, Bupati Bangka, Mulkan,Sh,MH., Dr. dan H. Erzaldi Rosman Djohan, S.E., M.M.

Selain itu terdapat pula tokoh-tokoh tersohor Bangka Belitung yang turut hadir merayakan tahun baru Islam di desa Kenanga, dan pada tahun ini mendatangkan penceramah dari Jakarta, Ustadz Agus Idwar. Dalam ceramahnya Ustadz Agus menekankan pentingnya memaknai arti hijrah yang sesungguhnya yakni pandai bersyukur atas karunia yang telah Allah anugerahi kepada kita.

Usai ceramah, acara dilanjutkan dengan makan bersama para tamu undangan dipelataran masjid Al Muttaqin serta dibawah tenda-tenda yang telah disediakan oleh panitia, dengan menyajikan makanan khas Bangka Belitung yang terlihat lezat dan tersusun rapih didalam dulang.

Selanjutnya rombongan dari UnMuh BaBel mendapatkan undangan istimewa dari warga setempat agar dapat mengunjungi rumah-rumah kediaman mereka, dengan disajikan suguhan ala hari raya umat Muslim Indonesia pada umumnya seperti rendang daging, opor ayam, ketupat, lempah kuning dan aneka kue serta minuman.

Terpancar wajah bahagia dari warga Kenanga atas kedatangan mahasiswa International Summer Course. Tak ingin melewatkan momen tersebut merekapun mengajak berswafoto bersama, mahasiswa pun merasa senang dan terkesan atas keramah tamahan warga desa Kenanga kabupaten Bangka dalam perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023