Sebuah unggahan video di Facebook menampakkan Menteri Kesehatan, Budi Sadikin, mempromosikan obat penurun berat badan yang diklaim tidak memiliki efek samping.

Berikut narasi dalam video tersebut:

“Halo, saya Budi Gunadi, saya ingin memberitahukan kepada anda sebuah rahasia penting yang saya pelajari belum lama ini, tapi saya terkejut bahwa kita bisa melakukan hal ini. Dokter Gaga Irawan Nugraha telah menemukan sebuah formula inovatif yang dapat membantu anda menurunkan berat badan berlebih untuk selamanya. Duta dari formula ini adalah seorang tokoh popular Okky Luckman, dia membuktikan bahwa ini nyata dan tanpa efek samping negative, yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah pergi ketautan dibawah ini dan membaca dan memesan formula ini”

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Saya telah mempelajari informasi ini di situs ini dan itu mengejutkan saya, berapa banyak orang yang akan terbantu oleh produk ini, hanya tujuh hari untuk menghilangkan kelebihan berat badan tanpa mengganggu dan tanpa efek samping, ikuti tautannya dan klik tombol "info lebih lanjut”

Namun, benarkah video Menteri Kesehatan promosikan produk pelangsing tersebut?

 
 
Unggahan video hoaks Menteri Kesehatan mempromosikan obat pelangsing. Faktanya, video tersebut merupakan wawancara dengan McKinsey & Company yang membahas ledakan konsumen-perbankan, dampak digitalisasi, dan perawatan para pemimpin masa depan (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, video tersebut bukan mempromosikan obat penurun berat badan, melainkan membahas ledakan konsumen-perbankan, dampak digitalisasi, dan perawatan para pemimpin masa depan, yang diunggah McKinsey & Company.

Selain itu, akun media sosial resmi Kementerian Kesehatan juga membantah video tersebut. Faktanya, Menteri Kesehatan maupun Kementerian Kesehatan tidak pernah mengendorse produk apapun di media sosial.

Klaim: Video Menteri Kesehatan promosikan produk pelangsing

Rating: Hoaks

Pewarta: Tim JACX

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023