Satu pengguna TikTok dengan pengikut 1.700 akun menyebarluaskan sebuah rekaman yang menampilkan Menteri BUMN Erick Thohir pada awal Juli 2023.

Erick Thohir, yang saat ini juga aktif sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), dalam video tersebut terlihat memasuki sebuah wihara yang penuh dengan ornamen khas Tionghoa.

Di tempat ibadah umat Buddha itu, pria yang digadang-gadang jadi salah satu calon pendamping Ketua Umum Gerindra Prabowo di Pilpres 2024 ini, tampak disambut rombongan yang sebagian besar berbaju merah.

Tak lama kemudian, Erick pun terlihat membentuk sebuah bahasa tubuh layaknya sedang sembahyang, yakni mengepalkan tangan sambil menunduk. 

Berikut narasi yang disertakan dalam unggahan di TikTok itu:
"AGAMA ASLI ERIK TOHIR, SEDANG ACARA SEMBAYANG DENGAN KELUARGA,".

Namun, benarkah di video tersebut Menteri BUMN Erick Thohir sedang sembahyang di wihara?
Tangkapan layar berisi narasi hoaks yang menyatakan Erick Thohir terlihat beribadah di wihara (TikTok)

Penjelasan:
Klaim di video TikTok, yang menyatakan Erick Thohir beribadah di wihara itu salah.

Video aslinya sebenarnya memperlihatkan rangkaian kunjungan Menteri BUMN ke sejumlah wihara yang ada di Jakarta pada Tahun Baru Imlek 2022.

Rekaman gambar tersebut dapat ditemukan di kanal YouTube Erick Thohir dan telah dimuat sejak 2 Februari 2022. 

Dalam potongan gambar di TikTok, Erick Thohir sebenarnya sedang berada di Vihara Ekayana Arama, Duri Kepa, Jakarta Barat. 

Erick terlihat mengepalkan tangan di wihara untuk memberikan salam perayaan Tahun Baru Imlek kepada masyarakat yang merayakan, bukan sebagai prosesi peribadatan.

Klaim: Erick Thohir beribadah di wihara
Rating: Disinformasi

Pewarta: Tim JACX

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023