Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Air Anyir Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, melatih keterampilan kesiapsiagaan dan kewaspadaan kebencanaan di destinasi wisata pesisir pantai Air Anyir kepada kelompok sadar wisata (pokdarwis) di daerah itu.

Manager Unit PLTU Bangka Apriyadi di Sungailiat, Kamis, mengatakan pelatihan keterampilan kesiapsiagaan dan kewaspadaan kebencanaan kepada pokdarwis merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan "corporate social responsibility" (CSR).

"Saya berharap melalui kegiatan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang tergabung dalam pokdarwis terkait kelistrikan dan berperan aktif membantu menjalankan program pemerintah," jelas dia.

Menurut dia, pokdarwis yang sudah mendapat pembekalan teknis diharapkan juga mampu meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi potensi terjadinya bencana di kawasan pesisir pantai.

"Kami berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, supaya teknis pelaksanaan pembekalan pokdarwis berjalan dengan baik," kata Apriyadi.

Ia menjelaskan, program CSR sebelumnya juga sudah dilakukan dengan penyuluhan UMKM dan khitanan massal

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Ridwan menyambut baik kegiatan sosialisasi kesiapsiagaan dan kewaspadaan kebencanaan di destinasi wisata pesisir desa Air Anyir Merawang oleh PLTU Air Anyir karena program ini memberikan manfaat pengetahuan dan keterampilan bagi pokdarwis yang dipercaya mengelola objek wisata.

"Peserta atau pokdarwis diberikan edukasi pemahaman dengan jelas mengenai teknis kesiapsiagaan kebencanaan jika terjadi di objek wisata pantai," kata Ridwan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023