Ketua DPRD Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ansori menilai Pulau Sumedang yang terletak di Kecamatan Membalong, Belitung, memiliki potensi wisata yang indah dan layak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

"Pulau Sumedang terletak di Kecamatan Membalong atau dengan jarak tempuh tiga sampai empat jam dari pusat kota Belitung, memiliki potensi wisata pantai yang indah," kata Ansori di Tanjung Pandan, Kamis.

Selain objek wisata pantai, pulau tersebut mempunyai kekayaan hayati seperti hasil perikanan tangkap oleh nelayan setempat yang terbilang banyak.

Masyarakat di Pulau Sumedang kata Ansori, meminta  pemerintah atau pihak lain untuk membuka layanan pelatihan kepariwisataan karena sektor pariwisata cukup menjanjikan.

Hanya saja kata dia, Pulau Sumedang yang masuk kategori desa tertinggal, terdepan, terluar (3T) membutuhkan peningkatan pembangunan.

"Dari hasil kunjungan di pulau tersebut, masyarakat sangat membutuhkan  infrastruktur jalan yang memadai, pendidikan, kesehatan, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia," jelasnya.

Dia optimistis, Pulau Sumedang yang didukung dengan potensi sumber daya kelautan yang potensial tersebut mampu membawa daerah itu sejajar dengan daerah di daratan.

"Saya mengajak seluruh elemen bersama-sama membangun Pulau Sumedang untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat," ujar dia.

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023