Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menyatakan Pekan Olahraga Provinsi VI Kepulauan Bangka Belitung yang digelar 12-31 Agustus 2023, akan diikuti sebanyak 1.936 atlet dari seluruh kabupaten dan kota se-Babel.

"Mereka akan bertanding di 21 cabang olahraga yang sudah disiapkan, kami berharap pelaksanaan Porprov VI Babel tahun 2023 yang digelar di Kabupaten Bangka Barat ini sukses pelaksanaan, sukses prestasi dan memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat setempat," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat Arwendy di Mentok, Selasa.

Ia menjelaskan,sebanyak 1.936 atlet tersebut berasal dari Kabupaten Bangka sebanyak 309 orang, Pangkalpinang 313, Bangka Tengah 251, Bangka Selatan 252, Belitung 285, Belitung Timur 240 dan dari Kabupaten Bangka Barat sebagai tuan rumah menurunkan 286 atlet.

Selain itu, setiap kontingen juga menyertakan ofisial dan pelatih dengan jumlah keseluruhan mencapai 154 ofisial dan 339 pelatih sehingga jumlah keseluruhan anggota kontingen yang akan mengikuti Porprov di bangka Barat sebanyak 2.429 orang.

"Jumlah ini belum lagi ditambah petugas teknis, petugas pendukung dan tim keabsahan, serta perwakilan pengurus dari seluruh kabupaten/kota yang jumlahnya mencapai lebih dari seribu orang. Ini merupakan kesempatan kita untuk mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki agar semakin dikenal masyarakat di Babel," katanya.

Menurut dia, penyelenggaraan Porprov ini merupakan sebuah kesempatan besar bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk mengenalkan berbagai potensi wisata, budaya dan daya tarik wisata lainnya kepada para tamu.

Arwendy mengatakan pelaksanaan pertandingan 21 cabang olahraga, sebanyak 17 cabang digelar di Mentok, yaitu atletik, balap sepeda, biliar, bina raga, sepak takraw, sepak bola, bulu tangkis, tenis meja, catur, gulat, taekwondo, tinju, pencak silat, karate, menembak, voli pantai dan panahan.

Untuk empat cabang olahraga lainnya dilaksanakan di luar Mentok, yaitu basket di Kecamatan Parittiga, voli di Kecamatan Kelapa, renang di Sungailiat dan tenis lapangan di Pangkalpinang.

Beberapa cabang olahraga sengaja digelar di luar Mentok karena lapangan yang ada belum memenuhi standar. Pemkab juga memiliki misi agar masyarakat di Kecamatan Parittiga dan Kelapa juga ikut merasakan keberadaan porprov tahun ini.

"Mari kita bersama-sama mendukung kegiatan empat tahunan ini agar semakin semarak, dan tentunya memberikan pelayanan yang baik kepada para tamu yang hadir agar terkesan dan diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi lainnya bagi warga di daerah ini," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023