Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung untuk menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang digelar mulai 12 hingga 31 Agustus 2023.

"Sebagai tuan rumah kita sudah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung untuk seluruh kontingen dan para tamu yang akan hadir dalam kegiatan ini, kami harapkan fasilitas ini bisa menambah kenyamanan bagi siapa saja," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat Arwendy di Mentok, Selasa.

Ia mengatakan, Pemkab Bangka Barat telah menyiapkan sejumlah lokasi untuk penginapan para atlet, ofisial dan pelatih dari setiap kontingen dari tujuh kabupaten dan kota peserta Porprov VI Babel.

"Untuk penginapan, saat ini masih dalam proses penyelesaian beberapa pekerjaan akhir dan kami optimistis siap pada saat kontingen datang, kita juga sudah menyiapkan armada transportasi antar-jemput untuk seluruh peserta," ujarnya.

Selain fasilitas pendukung tersebut, Pemkab juga telah menyediakan sebanyak enam armada ambulans ditambah 40 unit ambulans desa yang siaga jika dibutuhkan penambahan.

Panitia juga telah melakukan pemetaan kebutuhan tenaga kesehatan di seluruh lokasi pelaksanaan pertandingan dan rangkaian kegiatan pendukung lainnya yang berkaitan erat dengan kegiatan Porprov.

Selain pertandingan 21 cabang olahraga, dalam rangkaian Porprov ini juga ada acara pendukung, seperti kirab api obor, pembukaan, hingga penutupan kegiatan yang membutuhkan dukungan ketersediaan tenaga kesehatan dan armada pendukung.

"Kita juga telah menyiapkan tenaga kesehatan yang akan keliling untuk seluruh anggota kontingen selama di penginapan," ujarnya.

Seluruh anggota kontingen Porprov Babel juga telah mendapatkan jaminan sosial melalui program BPJS Ketenagakerjaan berupa jaminan kecelakaan dengan mengoptimalkan peran tiga lokasi fasilitas kesehatan tingkat pertama yang ada di Bangka Barat, yaitu Puskesmas Mentok, Puskesmas Kelapa dan Puskesmas Simpangteritip.

Untuk menambah kenyamanan para anggota kontingen, panitia juga telah memberikan jaminan ketersediaan air bersih sesuai kebutuhan dengan menyiapkan sebanyak empat unit armada tanki air, yaitu dari Dinas Pekerjaan Umum, BPBD, PDAM dan satu unit dari Dinas Lingkungan Hidup Bangka Barat.

"Mobil tanki ini akan keliling untuk distribusi air bersih di seluruh penginapan kontingen sesuai kebutuhan, sedangkan sumber air bersih tetap mengandalkan pasokan air dari PDAM Tirta Sejiran Setason," katanya.

Dengan berbagai persiapan yang sudah dilaksanakan, diharapkan pelaksanaan Porprov Babel 2023 bisa berjalan sukses, baik sukses pelaksanaan, sukses prestasi maupun sukses memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Kami juga butuh dukungan masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan ini, kita ingin memberikan kesan terbaik bagi seluruh peserta yang hadir dan masyarakat bisa menikmati dampak positif untuk meningkatkan perekonomian," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023