PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun tambak udang vaname dengan sistem Millenial Shrimp Farm (MSF) di Desa Tanjung Rusa, Membalong melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UIW Babel, Mustaf Rizal di Tanjung Rusa, Rabu mengatakan program TJSL budidaya udang vaname tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian nelayan Tanjung Rusa.

"Kami sangat berharap apa yang kami sampaikan pada hari ini akan dapat mendukung, berpengaruh, dan berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja dan ekonomi khususnya bagi kelompok koperasi Karya Bahari Desa Tanjung Rusa," katanya.

Menurut dia, pembangunan tambak udang vaname dengan sistem MSF merupakan program TJSL PLN Babel melalui program Desa Berdaya.

"Program TJSL adalah amanah undang-Undang kepada setiap BUMN yang mencakup tiga bidang yakni peningkatan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan," ujarnya.

Dikatakan dia, program budidaya udang vaname TJSL PLN Babel di Desa Tanjung Rusa merupakan "pilot projects" atau yang pertama kali dilakukan.

"Kami sudah evaluasi di beberapa lokasi dan di sini (Tanjung Rusa) adalah yang pertama, harapan kami ini bisa menjadi contoh walaupun tidak di Bangka Belitung nanti bisa di luar daerah," katanya.

Mustaf menjelaskan, pasalnya saat ini kegiatan budidaya udang vaname di provinsi lain atau luar daerah cukup banyak diminati.

"Kemudian kami harapkan budidaya udang vaname sistem SMF di Tanjung Rusa ini bisa menjadi lokasi studi banding bagi teman-teman di luar Bangka Belitung," ujarnya. 

Ia optimistis, keberadaan budidaya udang vaname tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Apalagi tambak udang atau pembibitan udang vaname ini sangat dekat dengan pelabuhan," katanya.

Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Rusa, Rabu menyambut baik pelaksanaan program budidaya udang vaname sistem SMF oleh PLN UIW Bangka Belitung.

"Tentunya kami berterimakasih kepada PLN atas program TJSL ini karena sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Desa Tanjung Rusa," ujarnya.

Ia menilai, potensi pasar dari udang vaname masih terbuka luas sehingga ini menjadi alternatif ekonomi atau sumber pendapatan bahu nelayan apabila tidak melaut karena cuaca buruk.

"Ketika mereka tidak bisa melaut karena angin musim barat budidaya udang vaname ini menjadi alternatif bagi nelayan untuk mendapatkan penghasilan tambahan," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023