Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menargetkan meraih 88 medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kepulauan Bangka Belitung yang digelar 11-31 Agustus 2023.

"Sebagai tuan rumah dan dukungan penuh dari seluruh masyarakat Bangka Barat, kami optimistis kontingen daerah ini mampu memenuhi target yang sudah dicanangkan, bahkan mampu menjadi juara umum pada pekan olahraga empat tahunan ini," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Kamis.

Menurut dia, target tersebut cukup realistis dan mampu diraih para atlet dengan modal persiapan yang baik, usaha, kerja keras, bertanding secara sportif, dan dukungan para orang tua.

"Setiap akan bertanding jangan lupa minta restu orang tua agar bisa mendapatkan hasil terbaik," ujarnya.

Untuk merangsang motivasi para atlet yang akan bertanding dalam Porprov Babel 2023 tersebut, Pemkab Bangka Barat juga telah menyiapkan bonus berupa uang tunai dengan jumlah cukup besar.

Sukirman mengatakan bonus yang diberikan berbeda-beda sesuai dengan medali yang diraih atlet, antara lain untuk medali emas cabang olahraga perorangan diberikan bonus sebesar Rp35 juta, medali perak Rp15 juta, dan perunggu Rp10 juta.

Sedangkan untuk peraih medali emas beregu (2-4 orang) masing-masing atlet diberikan bonus Rp15 juta/orang bagi peraih emas, perak Rp7,5 juta, dan perunggu Rp5 juta. Beregu di atas enam orang untuk medali emas diberi bonus Rp10 juta/orang, perak Rp5 juta, dan perunggu Rp3,5 juta/orang.

"Bagi para pelatih juga disiapkan bonus 30 persen dari jumlah medali yang diperoleh dan untuk tim cabang olahraga mendapatkan lima persen," katanya.

Penyiapan bonus dalam bentuk uang tunai itu diharapkan mampu memberikan motivasi tambahan bagi atlet, pelatih, dan ofisial untuk berjuang memberikan yang terbaik bagi kontingen, daerah, dan masyarakat Bangka Barat.

"Jadilah pemenang yang sportif, mari kejar prestasi mumpung masih muda karena ajang ini merupakan sebuah kesempatan berharga yang datang tidak setiap saat. Buatlah bangga orang tua, pelatih, dan daerah untuk bekal di masa depan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023