Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak warga bersih-bersih pantai menyambut peringatan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia.

"Hari ini kita bersama warga telah melaksanakan bersih sampah di Pantai Tanjung, Kecamatan Mentok, kita targetkan kegiatan seperti ini terus berlanjut agar pantai kita semakin bersih, indah dan nyaman," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Senin.

Menurut dia, kegiatan dengan melibatkan puluhan warga pesisir tersebut merupakan salah satu bentuk upaya mendekatkan para personel dengan warga untuk memudahkan tugas menjaga kamtibmas.

"Ini juga tindak lanjut dari kegiatan Jumat Curhat Polres Bangka Barat yang pada kegiatan itu warga meminta polisi bisa menjadi motor gerakan bersih pantai di lokasi itu," ujarnya.

Dari masukan warga tersebut, Kapolres kemudian mengajak Kodim 0431/BB, Pos AL Mentok, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Barat dan warga Kelurahan Tanjung untuk bersama-sama membersihkan pantai dari sampah yang ada di lokasi itu.

"Ini bentuk kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan kawasan pesisir, dengan mengajak TNI, dinas terkait, dan elemen masyarakat," katanya.

Menurut dia, wilayah pesisir yang ada di daerah itu merupakan potensi sumber daya alam yang patut disyukuri dan dijaga kebersihan serta kelestarian lingkungannya karena diyakini akan memberikan berkah bagi warga setempat.

Dengan menjaga lingkungan pesisir pantai atau objek wisata akan tercipta kebersihan, keindahan dan kenyamanan sehingga akan semakin banyak wisatawan yang datang.

"Kesadaran bersama menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan ini perlu kita tingkatkan untuk mendukung pengembangan kepariwisataan daerah, kehadiran personel di tengah masyarakat ini juga dimanfaatkan untuk mendekatkan diri sekaligus memberikan rasa aman warga," katanya.

Selain itu, kolaborasi bersama sejumlah instansi terkait juga diharapkan bisa membangun semangat kebersamaan sebagai modal pembangunan daerah dan masyarakat.

Melalui aksi kolektif ini, diharapkan tercipta lingkungan yang lebih aman, harmonis, dan sejahtera.

"Kegiatan ini adalah contoh konkret bagaimana kami ingin membangun kedekatan dengan masyarakat yang kami layani. Sinergi antara kepolisian, angkatan laut, dan warga adalah pondasi yang kuat untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan," katanya.

Gerakan ini juga menunjukkan polisi tidak hanya berfokus pada penegakan hukum, tetapi juga berperan sebagai pilar utama dalam pembangunan sosial dan ekonomi di wilayah tersebut.

"Semangat kolaborasi ini kami harapkan menjadi inspirasi bagi upaya serupa di berbagai tempat lain," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023