Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama pemerintah kabupaten setempat menanam 1.000 bibit mangrove di kawasan pantai Desa Penyak, Kecamatan Koba, untuk menjaga kelestarian lingkungan di daerah tersebut.

"Penanaman bibit mangrove ini dilaksanakan serentak seluruh kepolisian di Indonesia dengan tema 'Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini'," kata Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Polres Bangka Tengah Kompol Rimawati di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan penanaman 1.000 bibit mangrove itu bekerja sama dengan Pemkab Bangka Tengah yang melibatkan sejumlah personel, pegawai di pemerintah daerah setempat, mahasiswa, dan masyarakat.

Ia menyebut kegiatan penanaman pohon ini digelar oleh 34 polda, 510 polres, dan 5.034 polsek se-Indonesia.

"Jenis pohon yang ditanam disesuaikan berdasarkan karakteristik wilayah masing-masing," ujar dia.

Ia berharap, setelah penanaman, masyarakat dan seluruh jajaran pemerintah maupun Polri tetap menjaga dan melestarikan pohon mangrove di wilayah pantai di Desa Penyak agar kelestarian lingkungan setempat tetap terjaga.

"Kita semua harus berkomitmen untuk turut berperan dalam penghijauan lingkungan, khususnya di Bangka Tengah," ujar dia.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah Pittor mengatakan kegiatan penghijauan ini bermanfaat membantu pemerintah daerah dalam melestarikan lingkungan.

"Penanaman pohon ini jelas memberikan dampak yang baik dalam mengatasi masalah lingkungan di daerah ini," ujarnya.

Ia menjelaskan penanaman 1.000 bibit mangrove itu untuk kepentingan pelestarian kawasan pesisir dalam jangka waktu yang panjang.

"Ini tentu mendukung pelestarian lingkungan di sepanjang pesisir pantai untuk mencegah terjadinya abrasi dan mencegah pemanasan global," kata dia.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023