Kabupaten Bangka Barat berhasil memperlihatkan dominasinya pada cabang olahraga catur ajang Pekan Olahraga (Porprov) VI Bangka Belitung 2023. Hal tersebut terbukti ketika para Atlet Negeri Sejiran Setason berhasil memborong emas di cabang olahraga catur standar dan catur beregu standar.

Penyerahan medali cabang olahraga terkait dilaksanakan di gedung Perpusda Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Mentok, Senin (28/08).

Sebanyak tiga Pecatur Putri di nomor catur standar sukses memborong ketiga medali yang ada, masing-masing 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Ketiga Pecatur Putri tersebut antara lain, Julisa Pasaribu sebagai juara pertama, Lita Lizara juara kedua, dan Fitria Sari juara ketiga.

Pada catur standar putra, Rian Kapriaga turut membawa pulang emas untuk Bangka Barat. Demikian juga pada nomor catur standar putra dan putri, dimana para Atlet Bangka Barat sukses mempersembahkan medali emas.

Bupati Bangka Barat, Sukirman, yang hadir saat pengalungan medali menyatakan apresiasi dan rasa bangga terhadap para Atlet Catur yang telah mengangkat nama kabupaten setempat dalam ajang Porprov VI 2023.

”Alhamdulillah, terima kasih kepada para pembina para Atlet, yang sudah memberikan perhatian khusus dan merebut medali emas," ujarnya.

Prestasi yang dicapai para atlet Bangka Barat di Porprov VI, dikatakan Bupati Sukirman, meningkat drastis jika berkaca pada pencapaian saat Porprov V Bangka Tengah 2018 lalu. 

Maka dari itu, Sukirman meminta agar KONI Bangka Barat terus melakukan pembinaan, agar dapat selalu menelurkan Atlet-atlet handal di cabang olahraganya masing-masing. 

Berikut data lengkap pemenang cabang olahraga catur ajang Porprov VI Bangka Belitung 2023 di Bangka Barat:

Catur Standar Beregu Putra:

  1. Bangka Barat
  2. Belitung Timur
  3. Bangka Tengah

Catur Standar Beregu Putri:

  1. Bangka Barat
  2. Belitung Timur
  3. Bangka

Catur Standar Putra:

  1. Rian Kapriaga, FM, FT. (Bangka Barat)
  2. Iwan Setiawan, MN. ( Pangkalpinang)
  3. Kevin Fajariansyah (Belitung Timur)

Catur Standar Putri:

  1. Julisa Pasaribu, MNW. (Bangka Barat)
  2. Lita Lizara, MPW. (Bangka Barat)
  3. Fitria Sari (Bangka Barat)

Catur Gajah Putra:

  1. Jovi Faga Diwa (Bangka)
  2. Duta Hizbullah (Bangka Selatan)
  3. Nio Somala (Pangkalpinang)

Catur Gajah Putri:

  1. Jovi Figa Renanda (Bangka)
  2. Leani Rahmarani (Belitung Timur)
  3. Aulia Afifah (Bangka Selatan)

Pewarta: M Yaser Iqbal

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023