Pergelaran Expo Ekraf Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai langkah menyukseskan Program Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam mentransformasikan UMKM dan berdaya saing di pasar global.

"Presiden Jokowi Widodo sudah menegaskan  UMKM kedepannya harus terus bertransformasi," kata Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Babel Riza Aryani saat pembukaan Expo Ekraf di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengapresiasi kegiatan Expo Ekraf 2023 yang diselenggarakan oleh Entrepreneur Babel Indonesia (EBI) diikuti 50 pelaku UMKM di Lapangan Merdeka Pangkalpinang selama dua hari dimulai Sabtu (2/9) hingga Minggu (3/9), dapat meningkatkan kualitas dan pemasaran produk UMKM ke tingkat nasional hingga internasional.

"Kami sangat mengapresiasi melihat peran swasta untuk UMKM sangat luar biasa," katanya. 
 
 

Ia menyebutkan pameran ini merupakan penetrasi pasar bagi UMKM. Jadi UMKM harus tahu apa yang dinginkan konsumen. 

"UMKM ini telah menyumbang 90 persen untuk ekonomi tenaga kerja dan lainnya. Kami harap UMKM bisa terus berinovasi," katanya. 

Ketua Panitia Expo Ekraf 2023, Romi mengatakan melalui pameran yang diadakan dari tanggal 2 sampai 3 September ini para pelaku UMKM bisa menambah keuntungan. 

"Para Pelaku UMKM bisa promosi produk mereka, selain itu juga ada hiburan sehingga masyarakat semakin antusias untuk datang," katanya.
 
 

Ia menyampaikan pada pameran ini terdapat berbagai macam kuliner khas Babel maupun kekinian. Selain itu juga terdapat produk ekonomi kreatif untuk memanjakan para pengunjung. 

"Banyak makanan dan minuman seperti bakwan Toboali, mie kuah ikan, empek-empek, dimsum, minum jeruk kunci dan sebagainya," katanya.  
 
 

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi/Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023