Kabel Laut 20kV PLN Sadai-Pulau Lepar untuk melistriki masyarakat yang tinggal di pulau, pertama kali diresmikan tahun 2012 lalu saat ini tidak hanya menyalurkan listrik dari pulau Bangka namun juga menghadirkan layanan Internet ICONNET untuk warga Pulau Lepar. Produk internet fix broadband dari PLN ICON Plus yang merupakan bagian dari PLN Group ini menyalurkan Jaringan internet melalui Fiber Optic pada kabel laut tersebut.

Momentum Hari Pelanggan Nasional 2023, PLN ICON Plus menjadikan Pulau Lepar, Pulau 100% ICONNET. Sebelumnya, Pulau Lepar merupakan salah satu pulau di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang belum sepenuhnya terhubung oleh jaringan internet fix broadband. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat di Pulau Lepar dalam mengakses informasi dan ilmu pengetahuan melalui teknologi digital. Dalam momentum ini juga PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Toboali menyapa pelanggan PLN dan membagi-bagikan doorprize kepada pelanggan yang ada di Pulau Lepar.

Direktur Utama PLN ICON Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi menyampaikan hadirnya layanan internet ICONNET hingga ke Pulau Lepar, Bangka Selatan, adalah untuk mendukung program pemerintah memberikan kesempatan akses internet fix broadband secara merata diseluruh Indonesia. 

"ICONNET hadir di Pulau Lepar untuk memberikan akses internet kepada masyarakat berkat dukungan infrastruktur kabel fiber optic yang ada pada jaringan kabel bawah laut 20 kiloVolt milik PLN  sepanjang kurang lebih 3,3 kilometer. Kabel laut yang menghubungkan Pulau Bangka, tepatnya dari Kabupaten Bangka Selatan ke Pulau Lepar ini tidak saja menghadirkan layanan kelistrikan tapi sekaligus juga jaringan internet ke Pulau Lepar," ujar Ari, sebagaimana sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Direktur Bisnis Konektivitas PLN ICON Plus, Sigit Witjaksono di Pulau Lepar, Selasa (5/9/2023).

Hadir pada kesempatan peresmian Pulau Lepar Pulau 100% ICONNET diantaranya Direktur Bisnis Konektivitas PLN ICON Plus, Sigit Witjaksono, General Manager PLN Babel, Mohammad Munief Budiman, Bupati Bangka Selatan, H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP, Ketua DPRD Bangka Selatan, Erwin Asmadi, Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Amir Syahbana yang hadir mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, serta perwakilan Muspida dan warga masyarakat Pulau Lepar.

Pada kesempatan yang sama, sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, melalui program PLN Peduli Pendidikan, PLN ICON Plus menyerahkan sejumlah bantuan kepada sekolah yang ada di Pulau Lepar. PLN Icon Plus memberikan bantuan fasilitas internet gratis selama 1 tahun kepada 10 sekolah, mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA yang ada di Pulau Lepar serta masing-masing sekolah mendapatkan bantuan 2 (dua) unit Laptop untuk mendukung kegiatan pembelajaran digital.

"Selain bantuan internet gratis selama 1 tahun dan masing-masing 2 unit Laptop kepada 10 sekolah yang ada di Pulau Lepar, PLN ICON Plus Peduli juga memberikan bantuan berupa fasilitas Free Internet Desa di ruang publik yang dapat dimanfaatkan bersama-sama. Kami juga membangun Gapura ICONNET untuk menyambut masyarakat yang baru tiba di Pulau Lepar serta bantuan prasarana untuk kebersihan," ujar Ari.

Sementara itu, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas kehadiran ICONNET yang sudah menjangkau masyarakatnya di Pulau Lepar.

"Alhamdulillah, dengan kehadiran ICONNET yang disediakan PLN ICON Plus, warga kami di Pulau Lepar bisa berkesempatan mendapatkan akses internet yang sama dengan daerah lain. Masyarakat harus bisa memanfaatkannya untuk hal yang positif dan produktif. Harapan kami, semoga program ini tidak hanya berhenti di Pulau Lepar saja, masih ada beberapa pulau lagi di daerah kami yang masih blank spot dan butuh kehadiran PLN ICON Plus," ujar Riza.

General Manager PLN Babel  Mohammad Munief Budiman menyampaikan  saat ini masyarakat di Pulau Lepar, terutama UMKM dan masyarakat lainnya juga bisa memanfaatkan fitur Market Place yang ada di Aplikasi PLN Mobile untuk melakukan transaksi jual beli secara digital.

Menurutnya, dengan berkembangnya transformasi digital saat ini internet menjadi kebutuhan pokok masyarakat, bahkan dalam memasarkan produk UMKM kini bisa menggunakan digital agar lebih luas pasarnya. 

Selain itu kata Munief, pada PLN mobile saat ini juga terdapat fitur marketplace yang mana pelaku UMKM dan masyarakat dapat menggunakan untuk bertransaksi secara digital melalui Aplikasi PLN Mobile tersebut.

"Semoga kedepannya ICONET semakin berkembang di Pulau Lepar untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat dan dapat menjangkau pengetahuan-pengetahuan dan teknologi-teknologi baru yang dapat diterapkan di masyarakat Pulau Lepar seperti pertanian, perikanan dan pengembangan usaha lainnya melalui Internet yang disediakan PLN Icon Plus ini," kata Munief.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023