Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah Kepulauan Bangka Belitung menghadirkan layanan internet guna melengkapi pelayanan kepada warga pelanggan di Pulau Lepar, Kabupaten Bangka Selatan.

"Kabel laut 20kV PLN dari Sadai ke Pulau Lepar di Kabupaten Bangka Selatan sudah terkoneksi sejak 2012, saat ini kami tidak hanya menyalurkan listrik tetapi juga layanan internet, kami harapkan kehadiran layanan ini bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat di pulau kecil tersebut," kata General Manager PLN UIW Babel  Mohammad Munief Budiman di Pangkalpinang, Jumat.

Ia berharap layanan internet Iconnet semakin berkembang di Pulau Lepar sehingga memberikan dampak positif kepada masyarakat dan dapat menjangkau pengetahuan dan teknologi baru yang dapat diterapkan di daerah itu.

"Saat ini masyarakat membutuhkan akses informasi luas seperti untuk pengetahuan dan teknologi pertanian, perikanan dan pengembangan usaha lainnya, melalui internet yang disediakan PLN Icon Plus ini kami harapkan bisa mendorong usaha masyarakat agar semakin maju, berkembang dan mandiri," katanya.

Selain menghadirkan layanan internet, saat ini masyarakat di Pulau Lepar, terutama pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, juga bisa memanfaatkan fitur marketplace yang ada di aplikasi PLN Mobile untuk melakukan transaksi jual beli secara digital.

Menurut dia, berkembangnya transformasi digital saat ini internet menjadi kebutuhan pokok masyarakat, bahkan dalam memasarkan produk UMKM kini bisa menggunakan digital agar jangkauan pasar semakin luas. 

"Pada PLN mobile banyak fitur yang bisa dimanfaatkan, kami berharap kehadiran PLN bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah ini," katanya.

Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid memberikan apresiasi kepada PLN yang telah mampu menghadirkan layanan internet Iconnet di tengah masyarakat di Pulau Lepar.

"Alhamdulillah, warga kami di Pulau Lepar berkesempatan mendapatkan akses internet yang sama dengan daerah lain. Masyarakat harus bisa memanfaatkannya untuk hal yang positif dan produktif," katanya.

Ia berharap program perluasan layanan PLN tidak hanya berhenti di Pulau Lepar karena masih ada beberapa pulau kecil di Bangka Selatan yang masih blank spot dan butuh kehadiran PLN Icon Plus.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023