Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap pramuka terus berkontribusi positif bagi bangsa, karena dalam Gerakan Pramuka terdapat nilai-nilai yang dapat membimbing serta menuntun insan Pramuka untuk menghadapi tantangan dan rintangan di masa depan.

"Insan Pramuka khususnya di Bumi Serumpun Sebalai harus terus menjadi individu yang berkualitas, memiliki jiwa kepemimpinan dan terus berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa," kata Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu di Pangkalpinang, Senin. 

Ia mengatakan selayaknya sekolah kehidupan, Gerakan Pramuka dipandang mampu mendorong terciptanya agen-agen perubahan yang tangguh.

“Pramuka bukan hanya sebatas aktivitas berkemah dan belajar keterampilan bertahan di alam liar. Pramuka adalah sekolah kehidupan, tempat kita belajar tentang kerjasama, tanggung jawab, disiplin, dan semangat pantang menyerah. Nilai-nilai ini akan membimbing kita dalam menghadapi berbagai tantangan dan rintangan di masa depan,” katanya. 

Sementara itu di bawah asuhan Melati Erzaldi selaku Ketua Kwartir Daerah (Kakwarda) Gerakan Pramuka Babel Kwarda Babel telah mengikuti beragam kegiatan bahkan tingkat internasional, seperti Jambore Dunia yang dilaksanakan di Korea Selatan beberapa waktu lalu, Raimuna Nasional XII, Karang Pamitran Nasional, Lomba Tingkat 5 (lima), dan beragam pencapaian kegiatan lain yang berhasil ditorehkan diantaranya Pramuka Garuda dan Pramuka Teladan.

Kakwarda Melati Erzaldi dalam sambutannya berharap peringatan Hari Pramuka Ke-62 yang mengusung tema “Mewujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan” ini dapat menjadikan insan Pramuka Kwarda Babel semakin jaya dan sukses di masa yang akan datang.

Selain itu, Kakwarda Melati Erzaldi yang akan menuntaskan masa baktinya di tahun ini menyampaikan Kwarda Gerakan Pramuka Babel akan terus aktif dalam berbagai kegiatan. 

Ia mengungkapkan dalam waktu dekat Kwarda Babel akan kembali mengirimkan kontingen untuk kegiatan bertaraf nasional seperti Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) wilayah Sumatera tahun 2023 yang akan dilaksanakan di Kota Jambi pada tanggal 17-21 September mendatang, serta Pertinas Saka Bakti Husada ke-6 tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-23 September 2023 mendatang di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.

Ia menjelaskan peringatan Hari Pramuka Ke-62 di Babel juga diisi dengan pemberian serta penyematan piagam dan lencana kepramukaan, yang terdiri dari Lencana Melati, Lencana Darma Bakti, serta Lencana Pancawarsa. 

Ia menambahkan sejumlah nama insan Pramuka yang dipandang aktif memberikan sumbangsih tenaga, pikiran serta pengabdiannya pada kegiatan kepramukaan di Babel diberikan piagam dan lencana tanda kehormatan tersebut oleh Pj Gubernur Suganda dan Kakwarda.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023