Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memberikan pelatihan kewirausahaan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kategori pemula agar semakin terampil dalam menjalankan usahanya.

"Hari ini kita berikan pelatihan kepada sebanyak 40 orang pelaku UMKM, kami berharap pelatihan selama empat hari ini bisa meningkatkan keterampilan, manajemen, dan wawasan, sehingga usaha yang dijalankan semakin maju dan mandiri," kata Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, dan UMKM Kota Pangkalpinang Andika Saputra di Pangkalpinang, Babel, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan ini ditujukan bagi pelaku UMKM yang belum pernah mendapat pelatihan dari dinas dan memberi kesempatan serta ruang untuk mendapatkan ilmu tentang kewirausahaan.

Para peserta dipilih melalui proses seleksi oleh para petugas agar terjadi pemerataan bagi para pelaku UMKM di daerah itu.

"Peserta yang hadir adalah orang-orang yang diberi kesempatan dan menjadi salah satu pelaku UMKM sudah terdaftar atau diregistrasi di Diskopdag dan UMKM Pangkalpinang," katanya.

Ia juga menjelaskan pelaksanaan pelatihan kali ini memanfaatkan anggaran dari Kementerian Koperasi dan UKM dengan mendatangkan sejumlah narasumber yang berkompeten di bidang kewirausahaan.

"Kami mengalami keterbatasan anggaran di daerah, sehingga jika hanya mengandalkan APBD saja tidak dapat maksimal," katanya.

Untuk saat ini, kata dia, pelaku UMKM sudah mengalami pergeseran dari yang dahulu hanya dijalankan oleh kaum ibu rumah tangga, namun saat ini sudah banyak yang menggeluti usaha tersebut berasal dari kelompok muda.

"UMKM sudah menjadi pilihan bagi kaum milenial, dalam beberapa tahun terakhir sudah terjadi pergeseran kultur yang ada di Pangkalpinang, kelompok muda yang baru tamat kuliah tidak lagi bergantung pada lowongan pekerjaan di perusahaan dan pemerintahan, namun mereka juga sudah melirik usaha mandiri," katanya.

Menurut dia, perubahan pola pikir generasi muda ini patut mendapatkan apresiasi dan dukungan agar bisa terus berkembang dan diharapkan bisa mandiri dan berkembang sehingga bisa membuka kesempatan kerja bagi warga sekitar.

"Meskipun masih ada yang tetap mencari pekerjaan setelah tamat kuliah, namun berwirausaha kini sudah menjadi pilihan dari kaum milenial," katanya.

Dia berharap melalui kegiatan empat hari dengan mendatangkan 10 narasumber kompeten dan dari kalangan pelaku usaha ini dapat menambah ilmu dan inspirasi pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha yang digeluti.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023