Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang diikuti oleh kader dan bakal calon legislatif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Ketua DPD Nasdem Belitung, Fendi Haryono di Tanjung Pandan, Minggu mengatakan rakorda tersebut juga digelar guna mempersiapkan struktur partai serta bakal calon legislatif jelang Pemilu 2024. 

"Rakorda memang dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota yang ada di Bangka Belitung. DPD Nasdem Belitung merupakan kabupaten ketiga yang menggelar rakorda dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Bangka Belitung," katanya.

Menurut dia, selain itu, dalam kesempatan tersebut DPD Nasdem Belitung juga menggelar kegiatan pendidikan politik bagi pengurus partai dan bakal calon legislatif Pemilu 2024.

"Di sini kami mengundang seluruh struktur partai DPD, DPC, dan ranting partai Nasdem Belitung. Kami juga memperkenalkan bacaleg kami kepada struktur-struktur partai," ujarnya. 

Fendi menambahkan, bacaleg DPD Nasdem Belitung tidak semuanya berasal dari struktur partai namun ada juga yang berasal dari luar struktur partai.

"Jadi boleh dibilang ini adalah untuk memanaskan mesin jelang pelaksanaan Pemilu 2024," katanya.

Ia menjelaskan, sejumlah materi yang dibahas dalam rakorda tersebut adalah menyangkut aturan kepemiluan salah satunya mengenai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

"Makanya tadi kami juga mengundang KPU Belitung dan Kesbangpol Belitung memberikan pemahaman kepada para kader dan bacaleg berkaitan dengan sistem pemilu karena kami menghindari terjadinya pelanggaran-pelanggaran," ujarnya. 

Ia menjelaskan, DPD Nasdem Belitung menargetkan dapat meraih satu kursi di setiap daerah pemilihan Pileg 2024 mendatang. 

"Kalau sekarang kami ada tiga kursi DPRD, untuk Pileg 2024 kami menargetkan satu kursi di setiap daerah pemilihan artinya ada lima kursi," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023