Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) EM Osykar menghadiri Ikrar Netralitas Aparatur Sipil Negara dan Penandatanganan Pakta Integritas Aparatur Sipil Negara (ASN) PNS, Tenaga Kontrak dan Guru SMA/SMK se Kabupaten Belitung, di SMA Negeri 2 Tanjung Pandan Kabupaten Belitung.

"Hal ini sejalan dengan fungsi pengawasan yang dilakukan Bawaslu Babel dalam mengedepankan pencegahan terutama dalam mengawasi netralitas ASN di Babel, "kata EM Osykar, Rabu (20/9).

Osykar mengatakan netralitas ASN juga menjadi fokus pengawasan Bawaslu dalam setiap tahapan pemilu yang sedang berjalan, dengan harapan ASN dapat mengedepankan profesionalitasnya sebagai ASN dengan tidak mendukung atau mengarah kepada salah satu peserta Pemilu Tahun 2024.

Ketua Bawaslu Babel ini juga menjelaskan bahwa kehadirannya dalam Ikrar Netralitas Aparatur Sipil Negara dan Penandatanganan Pakta Integritas Aparatur Sipil Negara ini menjadi bukti bahwa pola komunikasi antara Bawaslu Babel dan pemerintah provinsi berjalan dan berkolaborasi dengan baik. 

"Ini semata-mata untuk menyukseskan jalannya tahapan Pemilu Tahun 2024. Ini membuktikan bahwa pola komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang kami jalin kepada setiap ‘stakeholders’ berjalan dengan baik. Dan hal ini untuk mendukung suksesnya pesta demokrasi yang lebih kurang akan dilaksanakan dalam waktu lima bulan lagi," ujarnya. 

Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan netralitas ASN yang tidak hanya di Kabupaten Belitung melainkan ASN yang ada diseluruh Bangka Belitung. 

"Ia menekankan bahwa ASN yang melanggar netralitas akan ditindaklanjuti sesuai dengan regulasi yang berlaku," tutup Osykar.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023