Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Sahani Saleh mengakui kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 0414 Belitung mampu membantu percepatan pembangunan di daerah.

"Pelaksanaan TMMD ke-118 Kodim 0414 Belitung di Desa Air Seru saya akui mampu mempercepat pembangunan," katanya di Tanjung Pandan, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan TMMD merupakan bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat guna membantu pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan di daerah itu.

"Kegiatan TMMD juga bertujuan untuk menjawab aspirasi dan kebutuhan masyarakat di desa sehingga hasilnya dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan bersama," ujarnya.

Oleh karena itu, bupati berharap kegiatan TMMD ke-118 Kodim 0414 Belitung dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

"Melalui kegiatan TMMD diharapkan menumbuhkan semangat gotong -royong, etos kerja keras, wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," katanya.

Sahani menambahkan penentuan lokasi pelaksanaan TMMD ke-118 Kodim 0414 Belitung dilakukan melalui kajian dan telaah terlebih dahulu, sehingga pelaksanaan tersebut lebih tepat sasaran.

"Sebab jika hanya membangun fisik cukup mudah namun pembangunan non fisik itu yang perlu dilakukan secara bersama," ujarnya.

Bupati berkeyakinan sasaran fisik dan sasaran non fisik TMMD ke-118 Kodim 0414 Belitung benar-benar menyentuh kepentingan dan kebutuhan masyarakat di daerah itu.

"Semoga kegiatan TMMD ke-118 Kodim 0414 Belitung memberikan kontribusi positif dalam mencapai tujuan pembangunan," katanya.

Danrem 045 / Garuda Jaya, Brigjen TNI Deddy Agustinus Prasetyo di Sijuk, mengatakan kegiatan TMMD ke-118 Kodim 0414 Belitung diharapkan dapat meningkatkan kemanunggalan (persatuan) TNI dan rakyat.

"Sesuai judulnya kami harapkan agar tentara bisa terus manunggal dan bersatu bersama rakyat, seperti disampaikan Bupati Belitung tadi bahwa TNI adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat, serta tentunya kegiatan TMMD diharapkan mampu membantu kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, TMMD ke-118 Kodim 0414 Belitung dimulai 20 September sampai 19 Oktober dengan memiliki sasaran fisik dan non fisik.

"Salah satu sasaran fisik dalam kegiatan TMMD ke-118 adalah membangun jalan yang menghubungkan dua desa yakni Desa Air Seru dan Buluhtumbang sepanjang 2,3 kilometer," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023