Muntok (Antara Babel) - Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat menggelar pemilihan pelajar pelopor tertib berlalu lintas untuk meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara di jalan raya.

"Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan penuh dari Satlantas Polres Bangka Barat dan PT Jasa Raharja untuk mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas di daerah ini," ujar Kepala Bidang Perhubungan Dishubparbudinfo Kabupaten Bangka Barat, Dian Firnandy di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari mulai 18 Mei 2018 itu diikuti puluhan pelajar tingkat sekolah menengah perwakilan seluruh enam kecamatan di daerah itu.

Pemilihan pelajar pelopor keselamatan berlalu lintas tersebut digelar sebagai salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam membudayakan keselamatan berlalu lintas di jalan raya kepada masyarakat, khususnya kalangan pelajar.

"Kami berharap setelah mengikuti kegiatan ini para peserta bisa menularkan pengetahuan yang dimiliki kepada teman-teman di sekolah sehingga lalu lintas semakin tertib dan terjaga keselamatannya," kata dia.

Asisten Administrasi dan Umum Pemkab Bangka Barat, Heru Warsito memberikan apresiasi positif kepada dinas dan instansi terkait atas terlaksananya kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membentuk karakter budaya keselamatan berlalu lintas di wilayah Kabupaten Bangka Barat," kata dia.

Menurut dia, pelaksanaan kegiatan tersebut cukup tepat dan diyakini mampu memberikan pemahaman dan peningkatan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan berlalu lintas.

Setelah sadar dan paham aturan berlalu lintas, kata dia, para pengguna jalan raya akan mampu mengurangi resiko kecelakaan dampak perilaku ugal-ugalan di jalan raya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016