Muntok (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, Sukirman, mengharapkan para pegiat fotografi di daerah itu mampu menumbuhkan industri kreatif sekaligus untuk membuka lapangan pekerjaan.


"Industri kreatif bidang fotografi memiliki peluang yang menjanjikan karena di daerah itu tingkat persaingannya masih kecil. Ini harus ditangkap para pegiat seni foto untuk dikembangkan dengan harapan mampu membuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi jumlah pengangguran," ujar Sukirman dalam penutupan kegiatan Workshop dan Lomba Fotografi yang diselenggarakan Dishubparinfo Kabupaten Bangka Barat di Pesanggrahan Menumbing, Jumat.


Menurut dia, untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif khususnya dalam bidang fotografi, para pegiat seni itu diharapkan selalu meningkatkan kemampuannya baik dalam hal teknis maupun eksistensinya melalui berbagai pelatihan, praktik langsung dan pameran.


Dari menggeluti dunia fotografi, kata dia, ke depan diharapakan industri kreatif tersebut akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri dan masyarakat di sekitarnya.


"Kami harapkan lomba fotografi di daerah itu semakin ditingkatkan frekwensinya dan berkelanjutan disertai pameran dan tidak menutup kemungkinan untuk disalurkan penyebarannya melalui dunia maya seiring mejunya tehnologi informasi dewasa ini," kata dia.


Selain untuk membuka lapangan pekerjaan, ia mengharapkan melalui para pegiat seni foto itu juga akan mampu memberikan sumbangsih pembangunan daerah melalui karya-karya bertemakan potensi dan sumber daya alam daerah yang disebarkan ke berbagai media.


Ia mengatakan, Kabupaten Bangka Barat merupakan daerah yang memiliki berbagai macam potensi besar dari berbagai aspek, seperti sosial, budaya, tradisi, adat, seni dan keindahan alam.


Namun, kata dia, melimpahnya potensi itu belum sepenuhnya terekspos di media cetak, elektronik dan media online.


Menurut dia, masyarakat khususnya para fotografer memiliki andil yang besar untuk ikut menyumbangkan ide, pemikiran, dan gagasan yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan daerah dalam hal pembangunan.


"Dengan kemampuan khusus yang dimiliki, kami harapkan rekan-rekan fotografer mampu berperan aktif memberikan sumbangsihnya dalam mengembangkan potensi daerah dalam betuk visual atau gambar," katanya.


Ia mengharapkan, ide dan pemikiran yang disalurkan dalam bentuk visual itu ke depan dapat dijadikan sebagai panduan informasi mengenai potensi daerah kepada para calon investor yangmengetahui secara global potensi dan kondisi Bangka Barat.

"Kami harapkan dari situ mereka langsung tertarik untuk menanamkan modalnya di 'Negeri Sejairan Setason'," kata dia.


Selain untuk menuangkan ide dan pemikiran dalam bentuk visual, kata dia, lomba fotografi juga merupakan wahana bagi para fotografer untuk mengukur dan mengembangkan kemampuan diri.


"Kami harapkan para pegiat seni fotografi mampu membangkan kemapuan mengabadikan setiap kejadian dan mengaktualisasinya melalui berbagai pameran karya dan penyebaran melalui berbagai media untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam bidang fotografi yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional," kata dia.

Pewarta: pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013