Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terus menggencarkan program pelayanan administrasi terpadu di Desa Tanjungpura, Kecamatan Sungaiselan.

"Program pelayanan terpadu ini melibatkan sejumlah instansi pemerintahan yang banyak bersentuhan dengan masyarakat," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Tanjungpura, Sabtu.

Ia menjelaskan, di antara jenis pelayanan terpadu adalah terkait dengan administrasi kependudukan, kesehatan, pertanian, pertanahan, kelautan dan pendidikan.

"Dalam program pelayanan terpadu ini, kita menggeser pelayanan ke desa yang biasanya selama ini dilakukan di OPD terkati," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, dapat memperpendek birokrasi dan administrasi sehingga warga tidak membutuhkan proses serta waktu yang lama.

"Ini bagian dari komitmen pemerintah dalam menciptakan pelayanan yang optimal kepada masyarakat," ujarnya.

Dalam kegiatan pelayanan terpadu itu, bupati juga berkesempatan bertatap muka langsung dengan masyarakat untuk mendengarkan keluhan dan aspirasi warga.

"Kita juga sekaligus bertatap muka, bertegur sapa dan bersilaturrahim dengan warga yang tinggal di pelosok desa," ujarnya.

Kegiatan pelayanan terpadu tersebut juga disertai dengan penyerahan bantuan beras untuk ketahanan pangan dan bantuan peralatan sekolah bagi kalangan pelajar dari keluarga berekonomi lemah.

"Bantuan pangan terus kita salurkan mengingat saat ini dalam kondisi musim kemarau yang berdampak terhadap menurunnya produksi pertanian," demikian Algafry Rahman.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023