Bupati Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Riza Herdavid meminta kepada para petani dan nelayan agar lebih semangat dalam menjaga ketahanan pangan di daerah setempat.

"Apa artinya uang kami kalau para petani dan nelayan tidak menjual hasil produksi pasti tidak ada artinya, oleh sebab itu kami akan terus mendukung segala kebutuhan petani dalam menjaga ketahanan pangan ini,"kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid memberikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan Sarana dan Prasarana Pertanian kepada Kelompok Tani di Desa Rias Toboali, Jumat (6/10).

Disampaikannya saat ini krisis pangan sudah melanda beberapa negara oleh sebab itu kita harus segera meningkatkan kinerja dan semangat dalam memenuhi swasembada pangan.

"Petani harus semangat,untuk urusan lain biar kami yang urus dan lobi-lobi ke pusat agar kebutuhan dan keluhan petani dapat kita penuhi,"kata dia.

Menurut Politisi Muda PDIP Bangka Selatan ini sejak dirinya memimpin daerah ini sudah banyak sekali bantuan diberikan kepada para petani dan nelayan mulai dari sarana dan prasarana hingga infrastruktur jalan.

"Contohnya Desa Serdang tadi selama ini belum pernah mendapatkan bantuan Komben namun sekarang dapat dua unit begitu juga dengan desa Rias yang dulunya hanya 3 unit sekarang mendapatkan enam unit komben,"katanya.

Ia mengingatkan kepada Kelompok Tani yang menerima bantuan akan dapat mengelola alat pertanian ini dengan azas keadilan dan bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompok.

"Jangan hanya bantu kelompok saja namun harus memegang prinsip keadilan, nanti akan kita awasi,"kata dia.

Riza berharap ketahanan pangan di daerah ini menjadi atensi khusus para petani dan nelayan untuk hal lain silahkan konsultasi dengan kami.

"Selain itu juga kita harus segera menyiapkan produk selain padi sebagai bahan pokok sampingan makanan utama ini oleh sebab itu petani dan nelayan harus terus semangat,"kata Riza.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023