Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar simulasi sistem pengamanan dalam kota sebagai persiapan menghadapi Pemilihan Umum 2024.

"Kami berharap melalui kegiatan latihan yang dilaksanakan hari ini bisa menambah keterampilan dan pemahaman para personel yang akan terlibat dalam Operasi Mantap Brata Menumbing 2023-2024," kata Kapolres Bangka Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Ade Zamrah di Mentok, Jumat.

Pada kegiatan tersebut, para personel polisi tidak hanya dilatih untuk melakukan pengamanan massa sebagai persiapan jika unjuk rasa melibatkan banyak orang, namun juga latihan pengamanan lain yang dibutuhkan dalam pengamanan pemilu.

Para personel diberikan latihan simulasi yang akan digunakan saat pengamanan kotak suara, pengamanan pola distribusi logistik dan lainnya agar semakin memahami tindakan yang harus dilakukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Simulasi sistem pengamanan dalam kota ini mencakup berbagai aspek pengamanan, mulai dari pengaturan lalu lintas, penjagaan tempat pemungutan suara, hingga penanganan situasi darurat selama proses Pemilu 2024," katanya.

Kapolres berharap dengan latihan keterampilan dan kesiapsiagaan ini para personel yang akan ditugaskan dalam mengamankan Pemilu 2024 bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

"Selain meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait dalam pengamanan pemilu, kami juga mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif menjaga situasi lingkungan tempat tinggal masing-masing agar kita bisa melaksanakan pemilu dengan baik, sukses dan kondusif," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023