Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan pendapatan zakat, guna meningkatkan pelayanan dan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta penanggulangan kemiskinan. 

"Saya mengajak seluruh pimpinan OPD, untuk menyalurkan zakat hartanya maupun zakat profesi melalui BAZNAS Babel yang lebih optimal dan terkoordinir. Selain itu melalui BAZNAS Bergerak, uang umat akan dapat dimanfaatkan kembali untuk kemaslahatan umat," kata Pj Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu di Pangkalpinang, Sabtu. 

Pj Gubernur Suganda berharap BAZNAS Babel dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan terus menjunjung tinggi amanah dalam mengelola dan menyalurkan dana umat melalui penerimaan zakat dan infaq. 

Ketua BAZNAS Babel M.Arif Manggu mengatakan melalui kegiatan ini Pj. Gubernur dapat memberikan motivasi kepada seluruh ASN Pemprov Bangka Belitung untuk dapat menyalurkan zakat malnya, maupun zakat profesi melalui BAZNAS Babel, sehingga pendapatan zakat meningkat sesuai keinginan. 

Ia menyampaikan BAZNAS Babel dalam pengumpulan dana zakat, menargetkan angka sebesar 17 miliar rupiah, namun hingga saat ini target yang telah ditentukan tersebut belum tercapai. 

Ia mengungkapkan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berharap kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, agar dapat meningkatkan pendapatan zakat, melalui zakat profesi dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Babel. 

Untuk diketahui saat ini Baznas Babel belum bisa mencapai target dalam mengumpulkan zakat, infaq dan shodaqoh akibat beberapa faktor, salah satunya adalah akibat menurunnya ekonomi masyarakat saat ini.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023