Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap menjadi tuan rumah lomba membaca kitap kuning atau Musabaqah Tilawatil Kutup (MTK).

"Kami sudah berbicara dengan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI terkait kesiapan menjadi tuan rumah," kata Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, keinginan menjadi tuan rumah MTK tersebut mendapat respons yang baik dari Kemenag RI dan pihaknya diminta mengajukan surat permohonan.

"Kami diminta mengajukan surat karena ada banyak daerah yang bersedia menjadi tuan rumah lomba khusus membaca kitap kuning tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, Bangka Tengah menyatakan kesanggupan menjadi tuan rumah karena sudah pernah sukses menyelenggarakan STQ tingkat nasional pada 2012.

"STQ tergolong sukses makanya kami siap menyelenggarakan MTK dan tempatnya direncanakan di kawasan Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Air Mesu," ujarnya.

Ia mengatakan, lomba membaca kitap kuning tersebut diperkirakan diikuti sekitar 3.000 hingga 4.000 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Pesertanya cukup banyak, namun kami siap menjadi tuan rumah dan melayani tamu dengan baik," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016