Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengelar berbagai macam festival yang tergabung dalam event wisata bertajuk Kemilau Pesona Bangka Selatan.

"Event Festival Kemilau Pesona Bangka Selatan pada minggu ketiga Oktober ini di Toboali ini diharapkan mampu menarik pengunjung baik dari luar daerah maupun masyarakat Bangka Selatan sendiri,"kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Toboali, Kamis (12/10).

Disampaikannya Ajang event wisata ini merupakan ruang kreasi untuk mengasah bakat dan meningkatkan prestasi pelaku seni dan budaya daerah, khususnya di Bangka Selatan.

"Sehingga pelaku seni dan budaya Bangka Selatan makin berkembang. Tak hanya itu, dampak event yang kita targetkan tentunya adalah makin menggeliatnya perekonomian daerah, khususnya sektor UMKM,"Kata Politisi Muda PDIP Bangka Selatan ini.

Kepala Dinas Pariwisata,Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan Firmansyah mengatakan Event Wisata Pesona Kemilau Bangka Selatan ini akan diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 21 s/d 22 Oktober 2023. 

"Acara yang dilaksanakan meliputi Festival Tari Kreasi Daerah, Festival Band, Toboali Photo Competition, Festival Makanan Tradisional, Habang Zumba Dance, Lomba Mewarnai,"kata dia.

Ia mengatakan selain itu ada juga pertunjukan Bonsai serta Tuoring Volkswagen.Untuk Festival Tari Kreasi kita targetkan akan diikuti sebanyak 12 Sanggar dan Festival Band ditargetkan akan diikuti sebanyak 25 Peserta. 

"Untuk asal peserta sendiri kita buka, tidak hanya dari Bangka Selatan, tetapi juga dari luar daerah,"kata dia.

Dijelaskannya untuk mendorong geliat UMKM, kita juga akan membuka bazar UMKM sebanyak beberapa stand yang akan mendukung kegiatan ini.

"Berdasarkan laporan dari tim pelaksana, kuota seluruh stand UMKM sudah full. Oleh karena itu kami sangat optimis arahan dan target Bupati Riza agar event ini menggerakkan geliat perekonomian UMKM dapat tercapai terakhir kami sampaikan bahwa even ini akan kita desain secara atraktif dan meriah,"katanya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023