Bidhumas Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan jajaran Polres menggelar penanaman bibit mangrove sebanyak 7.650 batang di Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Humas Polri, Jumat.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakapolda Babel Brigjen Pol. Drs. Sugeng Suprijanto, S.H. dan diikuti oleh para PJU Polda Babel, serta tamu undangan lainnya.
 
 

Dalam arahannya, Wakapolda Babel mengatakan bahwa kegiatan penanaman bibit mangrove ini bukan sekadar upaya reboisasi, tetapi juga sebagai tindakan konkrit dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah pesisir. Mangrove yang tumbuh dengan baik dapat mengurangi risiko banjir, memberikan perlindungan bagi masyarakat, serta menjadi sumber kehidupan ekonomi melalui berbagai kegiatan seperti perikanan.

“Untuk Polda Kepulauan Bangka Belitung, kita akan menanam 5.000 Bibit Pohon Mangrove dan Polres Jajaran sebanyak 2.400 Bibit Pohon Mangrove Total jumlah bibit yang ditanam Polda Babel dan jajaran polresta/polres berjumlah 7.400 batang Bibit Pohon Mangrove dan 50 Bibit Batang Cemara serta 200 Bibit Pohon Bakau” kata Wakapolda Babel.
 
 

“Kegiatan penanaman bibit dalam rangka HUT ke-72 Humas Polri dan juga sebagai pengingat kepada seluruh jajaran dan masyarakat Bangka Belitung untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem pesisir yang merupakan aset berharga bagi kita semua,” tegasnya.

Wakapolda Babel juga menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas siapa pun yang masih melakukan kegiatan pertambangan ilegal di kawasan hutan lindung, tempat wisata, dan lahan yang berpotensi terjadinya konflik sosial masyarakat.
 
 

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023