Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, telah menerima kiriman sebanyak 2.862 unit kotak suara yang akan digunakan pada pelaksanaan Pemilu 2024.

"Dua hari lalu kotak suara tersebut sudah kami terima dengan jumlah sesuai pesanan kebutuhan, dan saat ini sudah kami simpan di gudang logistik," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Darjiyono di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan sebanyak 2.862 unit kotak suara Pemilu 2024 tersebut diterima KPU Kabupaten Bangka Barat pada Sabtu (21/10) malam yang dikirim pihak penyedia barang dari Tangerang, Banten.

"Pengiriman barang melalui jalur darat dan setelah tiba di Pelabuhan Tanjungkalian langsung ditempatkan di gudang logistik di gudang Pal3 Mentok," ujarnya.

Untuk pengamanan logistik Pemilu 2024, kata dia, KPU Kabupaten Bangka Barat telah menjalin kerja sama dengan Polres setempat, sehingga sejak kotak suara tersebut tiba di Mentok sudah mendapatkan pengamanan dari pihak kepolisian.

Ia menyebut kebutuhan kotak suara untuk pelaksanaan Pemilu 2024 di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kabupaten Bangka Barat sebanyak 570 TPS, sehingga jika satu TPS membutuhkan lima unit kotak suara maka kebutuhan keseluruhan mencapai 2.850 unit.

"Masih ada sisa sebanyak 12 unit kotak suara yang akan dijadikan sebagai kotak suara cadangan jika nanti ditemukan ada yang rusak. Jumlah ini sudah sesuai permintaan, namun jika nanti ada kerusakan maka akan kita lakukan permohonan penambahan sesuai kebutuhan," katanya.

Selain kotak suara berbahan karton kedap air tersebut, kata dia, dalam waktu dekat KPU Bangka Barat dijadwalkan akan kembali menerima logistik lain berupa bilik suara yang dijadwalkan tiba 26-27 Oktober 2023.

"Jadwal kedatangan logistik ini belum pasti karena kami juga masih menunggu kabar berikutnya dari pihak penyedia barang, mereka biasanya memberikan informasi setelah barang siap kirim," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023