Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemantauan dan pengawasan produksi segel yang akan digunakan untuk Pemilu 2024.

"Produksi segel Pemilu 2024 ini dilakukan salah satu perusahaan di Cakung Barat, Jakarta Timur. Kami lakukan pengawasan di lokasi produksi untuk memastikan dan menjamin pelaksanaan pengadaan dilakukan secara tepat jumlah, tepat jenis, tepat kualitas, dan sesuai dengan spesifikasi dan jadwal pengiriman yang telah ditetapkan," kata Ketua Bawaslu Provinsi Bangka Belitung (Babel) E.M. Osykar di Pangkalpinang, Jumat.

Bawaslu bersama KPU Provinsi Babel melakukan pengecekan langsung di dalam pabrik percetakan untuk melihat spesifikasi, proses dan mekanisme produksi segel serta jadwal pengiriman yang dilakukan pihak penyedia.

"Kita sudah cek bersama dengan tim KPU Babel mengenai spesifikasi barang, mulai dari ukuran, bentuk, bahan serta proses produksinya di dalam pabrik. Bahkan kita lakukan demo penggunaan segel untuk memastikan segel tersebut sudah layak digunakan," katanya.

Ia menambahkan pencetakan segel untuk wilayah Babel sudah hampir selesai dan dalam waktu dekat akan dikirim ke seluruh KPU kabupaten/kota.

Selain memastikan proses produksi, Bawaslu juga akan melakukan pengawasan distribusi barang agar sesuai jadwal dan tepat jumlah dengan kebutuhan daerah masing-masing.

"Kita ingin memastikan distribusi yang dilakukan perusahaan tepat waktu agar pelaksanaan tahapan logistik berjalan lancar," katanya.

Pengawasan produksi logistik pemilu tidak hanya dilakukan pada pencetakan segel karena Bawaslu bersama KPU Babel juga telah melakukan pemantauan pembuatan bilik dan kotak suara.

"Kita berharap proses produksi dilakukan secara cermat, akurat dan sesuai standar yang telah diatur agar tidak terjadi permasalahan pada saat digunakan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023