Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak pemuda di daerah itu menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai.

"Kami mengajak pemuda di Kabupaten Belitung dapat ikut serta menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024," kata Ketua KNPI Belitung, Husri usai mengikuti kegiatan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Tanjung Pandan, Sabtu.

Ia menilai, peran pemuda sangat penting dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Tidak hanya menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024, pemuda juga diharapkan dapat mengambil bagian dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Peran pemuda di Pemilu 2024 sangat mempengaruhi karena kita ketahui bersama bahwa jumlah pemilih pemuda di Pemilu 2024 cukup banyak," ujarnya.

Husri menilai, saat ini masih banyak pemuda yang apatis dengan persoalan politik, sosial, usaha, dan lain sebagainya.

"Walaupun sebenarnya bisa kita lihat pemuda lebih tertarik dengan dunia politik ketimbang dunia usaha. Karena masuk dalam dunia politik lebih muda ketimbang berwirausaha," katanya. 

Ia menyayangkan, sikap apatis pemuda terhadap persoalan politik karena dikhawatirkan berpengaruh terhadap generasi kepemimpinan Belitung ke depannya, baik di tataran eksekutif maupun legislatif.

"Sehingga kami di KNPI Belitung berusaha menciptakan dan meningkatkan kapasitas SDM agar pemimpin yang kita pilih ke depan nantinya adalah pemimpin yang teruji," ujarnya.

Ia berharap, siapapun pemimpin yang terpilih nantinya dapat mengakomodir hak-hak dan merumuskan program yang dapat mendorong kemajuan pemuda.

"Kami tidak ingin pemuda hanya menjadi serdadunya orang tua jadi kami harapkan para elite dapat mempertimbangkan pemuda dan mengembalikan hak pemuda kepada pemuda," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023