Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggencarkan sosialisasi "core values" Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK, untuk menciptakan abdi negara yang berorientasi pelayanan publik.

"Core values ASN BerAKHLAK adalah nilai-nilai dasar aparatur negara yang berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaftif dan kolaboratif," kata Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manuasia Daerah (BKPSDMD) Bangka Tengah Rizaldi Adhari di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, sosialisasi core values ASN BerAKHLAK sangat penting karena aparatur negara mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah yang berbasis pelayanan.

"Justeru itu, diperlukan persepsi dan orientasi yang sama untuk pencapaian kinerja dan tujuan organisasi di lingkungan pemerintah, yaitu melalui penerapan nilai-nilai ASN dan employed branding Bangga Melayani Bangsa," ujarnya.

Penerapan core values ASN BerAKHLAK, kata dia juga dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 4 tentang Nilai Dasar dan Pasal 5 tentang Kode Etik dan Kode Perilaku dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014, serta tindak lanjut atas Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2021.

Core values ASN BerAKHLAK juga menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja ASN yang tidak hanya dilakukan pada ASN di tingkat pusat namun juga di daerah.

"Semangat dari penyeragaman core values ini adalah untuk membangun kesadaran, pemahaman, hingga akhirnya implementasi budaya kerja," ujarnya.

Rizaldi mengatakan, semakin baik budaya kerja organisasi maka semakin tinggi disiplin dan performa pegawai sehingga dapat meningkatkan pelayanan publik.

Nilai-nilai dasar yang terdapat pada diri ASN jua untuk mewujudkan birokrasi yang dinamis dengan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif dan efisien," tutupnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023