Kabupaten Bangka Barat mengirim sebanyak 21 atlet dari lima cabang olahraga yang akan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk ajang Pekan Olahraga Wilayah XI di Provinsi Kepulauan Riau, pada 5-15 November 2023.

"Para atlet ini merupakan atlet berprestasi dalam ajang Porprov VI Babel dan memenuhi syarat untuk ikut ajang yang lebih tinggi, mereka bersama empat pelatih dari Bangka Barat akan bergabung dengan atlet dari kabupaten dan kota untuk memperkuat kontingen Babel," kata Ketua KONI Kabupaten Bangka Barat Muhammad Amin di Mentok, Selasa.

Sebanyak 21 atlet dari Kabupaten Bangka barat tersebut terdiri dari atlet cabang atletik yang diwakili Ahmad Ambali Sukur, Wahyu, Muhammad Sainal, Fadel Ramiro, Sofura Al Humairo, Ade Sundari, Heru Jatmiko, dan Ulfa Mahfuza, voli dalam ruangan diwakili Dewangga Kaca Setyo, Simon Edho Dhavid, Fajar Nurhafi, dan atlet sepak takraw Makmur Sahid.

Selanjutnya untuk cabang catur Rian Kapriaga, Jauhari dan Sakti Hatigoran, cabang sepak bola diwakili Liwa Zikri Adytya, Hermanto, Haris Ardiansyah, Memo Karta, Wahyu Zulhi Prastya dan atlet e-sport Moh Hafiz Ramadhan.

Selain 21 atlet, Bangka Barat akan mengirimkan empat pelatih, masing-masing terdiri dari Indera (voli dalam ruangan), Rofiansyah (atletik), Guntur Dulma (sepak takraw), dan Djunaidi A.H (catur).

KONI Bangka Barat akan terus melakukan pembinaan kepada para atlet, membimbing serta mengawal agar mereka mampu berprestasi di jenjang yang lebih tinggi.

"Uang pembinaan yang kami berikan kepada 21 atlet dan empat pelatih ini salah satu bentuk perhatian dan apresiasi dari KONI. Mereka sedang berjuang untuk Bangka Barat, sudah menunjukkan prestasinya dan patut diberi apresiasi," katanya.

Amin mengatakan KONI tidak akan lepas tangan begitu saja, tapi tetap fokus mengawal para atlet yang berprestasi, sebagai wujud kepedulian dan keseriusan dalam mengurus olahraga di Bangka Barat.

Untuk sumber anggaran berasal dari dana hibah yang memang sudah disiapkan jauh-jauh hari untuk disalurkan kepada para atlet berprestasi ke jenjang lebih tinggi, berikut para pelatih yang secara langsung menangani para atlet.

Sementara itu, pelatih atletik Rofiansyah yang berhasil mengharumkan Bangka Barat di ajang Porprov VI merasa yakin para atlet Babel berpeluang 90 persen mendulang medali di Porwil XI Riau.

"Atlet andalan Ahmad Ambali Syukur dan Sofura Al Humairoh bisa mewujudkan target tersebut. Peluangnya yang dari Bangka Barat bisa empat medali emas, bisa juga juga lebih," kata Rofiansyah.

Menurut dia, kemampuan para atlet atletik di wilayah Sumatera Bagian Selatan cukup merata, namun jika mengacu pada Kejurnas di Solo dan Semarang beberapa waktu lalu, Provinsi Babel bisa mempertahankan juara umum atletik di ajang Porwil kali ini.

"Dengan dukungan dari KONI Bangka Barat insya Allah bisa mencapai target, kita bawa delapan orang atlet atletik paling tidak bisa bawa pulang empat medali emas," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023