Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan bantuan sosial (bansos) tunai penanganan kemiskinan ekstrem kepada 2.366 warga penerima manfaat di Pulau Belitung, guna mengentaskan kemiskinan di Negeri Laskar Pelangi itu.

"Kami berharap warga penerima manfaat bansos tunai ini memanfaatkan bantuan membeli kebutuhan pokoknya," kata Kepala Dinas Sosial Kepulauan Babel Budi Utama di Manggar Belitung Timur, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan peluncuran dan penyaluran bansos tunai penghapusan kemiskinan ekstrem Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilakukan di Kantor POS Manggar dengan total penerima 2.366 jiwa dengan rincian Kabupaten Belitung 22 dan Belitung Timur 2.346 jiwa.

"Hari ini penyaluran bansos dilakukan secara simbolis kepada 30 orang penerima manfaat sebesar Rp350.000 per jiwa," katanya.

Ia menyatakan kegiatan peluncuran ini juga disertai pengawasan dan pendampingan dari Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Kepulauan Bangka Belitung dan Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN) Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, juga penyerahan secara simbolis Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada para pekerja rentan di Belitung dan Belitung Timur.

"Setelah acara simbolis ini selesai, penerima manfaat langsung dapat mengambil uang bantuan sosial tunai di Kantor Pos," katanya.

Menurut dia bansos kemiskinan ekstrim ini disalurkan melalui kantor pos di tujuh kabupaten/kota secara tunai, agar penerima manfaat bisa memanfaatkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

"Saya minta bantuan ini untuk dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan pokok, jangan digunakan untuk membeli kebutuhan lainnya seperti kosmetik, sofa ataupun kredit motor," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023