Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hellyana meminta Pj Bupati Belitung yang terpilih nanti dapat melanjutkan program pembangunan kepala daerah dan wakil kepala daerah sebelumnya.

"Kami berharap siapapun yang terpilih nanti dapat melanjutkan program pembangunan kepala daerah dan wakil kepala daerah sebelumnya," katanya di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, Pj Bupati Belitung yang terpilih nantinya memang tidak memiliki visi secara khusus, seumpama yang disampaikan oleh calon kepala daerah melalui mekanisme pemilihan langsung pada saat masa kampanye.

Namun, ia berharap, Pj Bupati Belitung nanti dapat melanjutkan pembangunan Belitung sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

"Pj bupati pada dasarnya memang tidak memiliki visi karena dia dipilih dari pemerintah pusat, namun kami harapkan dapat melanjutkan apa yang sudah menjadi rencana dari RPJMD," ujarnya.

Dikatakan Hellyana, pihaknya tidak akan melakukan intervensi dalam pemilihan atau penentuan Pj Bupati Belitung yang saat ini nama-namanya sudah diusulkan ke Kemendagri.

"Karena pemilihan dan penetapan Pj Bupati Belitung itu ranahnya sudah pemerintah pusat di luar ranah kami," katanya.

Akan tetapi, pihaknya tetap akan mengawasi, melihat, dan mendukung apa yang dikerjakan oleh Pj Bupati Belitung nanti dalam sebagai menjalankan fungsi kontrol di daerah.

"Kalau mengawasi pastilah karena itu sudah menjadi tugas kami," ujarnya.

Ia berharap, Pj Bupati Belitung nantinya dapat bekerja dengan baik dan terencana dalam menjalankan roda pemerintahan di Bumi Laskar Pelangi. 

"Karena kalau dia (Pj bupati) bekerja dengan baik maka percayalah hasilnya akan baik pula," katanya. 

Sebelumnya masa jabatan Bupati Belitung dan Wakil Bupati Belitung periode 2018-2023 akan berakhir pada 31 Desember mendatang.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023