Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan sambang warga guna menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat sekaligus mendukung upaya bersama mewujudkan pemilu damai.

"Kegiatan bertemu langsung dan bersilaturahim dengan masyarakat ini kami laksanakan secara berkala dan terjadwal di tempat-tempat berkumpulnya warga maupun di pusat keramaian," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis di Mentok, Minggu.

Menurut dia, kegiatan sambang warga dilakukan para personel Polres Bangka Barat, khususnya para anggota Satuan Binmas dan para Bhabinkamtibmas yang ada di seluruh desa dan kelurahan.

Pada kesempatan bertemu langsung dengan masyarakat tersebut para personel selain memberikan pengetahuan terkait hukum dan upaya menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing, juga diberikan materi upaya menjaga lingkungan tetap kondusif menjelang Pemilu 2024.

"Ada beberapa potensi kerawanan yang perli diwaspadai menjelang pemilu, untuk itu para personel menyampaikan beberapa hal terkait imbauan pemilu, mulai dari upaya untuk menjaga kondisi kamtibmas, mewujudkan pesta demokrasi yang bersih dan damai hingga pentingnya mencegah peredaran kabar bohong," katanya.

Saat ini rangkaian tahapan pemilu sudah mulai berjalan, oleh karena itu upaya untuk menjaga kondisi kamtibmas tentunya sangat penting untuk terus dilakukan, demi menciptakan tahun politik yang aman, tertib, damai dan kondusif.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan ajakan untuk bersama-sama menolak praktik politik uang dan kampanye hitam yang sangat mungkin terjadi pada pemilu kali ini.

"Komitmen ini kita laksanakan dan perlu terus kita gerakkan demi kebaikan pesta demokrasi yang selama ini menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia," katanya.

Ia meminta masyarakat agar dapat senantiasa cerdas dan bijaksana pada tahun politik ini, salah satunya dengan melakukan penelusuran berita agar tidak terhasut berita bohong, menolak segala bentuk praktik politik uang dan kampanye hitam.

"Kami akan terus melakukan kegiatan sambang warga seperti ini, baik di Kecamatan mentok maupun di kecamatan-kecamatan lain agar bisa bersama-sama menciptakan situasi aman, nyaman dan damai," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023