Pejabat Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Haris menginginkan kegiatan tingkat nasional dapat diselenggarakan di daerah itu guna mendorong dan memajukan sektor pariwisata.

"Saya menginginkan ada kegiatan nasional yang diselenggarakan di Kabupaten Bangka sebagai tuan rumah," kata M Haris dalam keterangan, Rabu.

Dia mengatakan dengan diselenggarakan kegiatan bertaraf nasional di Kabupaten Bangka akan berdampak besar terhadap sektor kepariwisataan dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang saat ini tengah dikembangkan masyarakat.

Dengan diselenggarakan kegiatan nasional ke daerah pemerintah daerah kata M Haris, bagian dari upaya pemerintah membantu pelaku usaha pariwisata mendapatkan wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

"Sektor pariwisata di Kabupaten Bangka menjadi salah satu sektor yang diunggulkan selain sektor lain karena sektor ini cukup strategis dalam mendukung peningkatan pendapatan daerah dan menunjang perekonomian masyarakat," jelas dia.

Dukungan keindahan alam, budaya, kuliner dan yang lain, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung di Kabupaten Bangka yang merupakan wilayah kabupaten tertua di Bangka Belitung.

Berdasarkan data jumlah kunjungan lintas tamu hotel dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, tercatat jumlah wisatawan nusantara sampai akhir Oktober 2023 mencapai 4.046 orang. Jumlah tersebut diprediksi masih akan terjadi kenaikan hingga akhir tahun 2023. Jumlah kunjungan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia biasanya cukup banyak pada malam pergantian tahun.

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023