Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memberi pelatihan bela negara bagi 50 pelajar SMA dan SMK di daerah ini.

"Pelatihan bela negara ini untuk menumbuhkan sikap patriotisme dan nasionalisme di kalangan pelajar," kata Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Belitung Timur Evi Nardi di Manggar, Rabu.

Ia menjelaskan nasionalisme harus selalu dipupuk sejak dini sehingga tertanam rasa cinta Tanah Air di dalam sanubari kalangan generasi muda.

"Pelatihan bela negara ini untuk meningkatkan kedisiplinan, kemandirian, cinta Tanah Air, dan menambah wawasan kebangsaan," ujarnya.

Pelatihan bela negara yang dilaksanakan selama dua hari, Selasa (28/11) dan Rabu (28/11) itu melibatkan instruktur TNI AU, TNI AD, Kejaksaan hingga Tagana.

Materi pelatihan yang diberikan berupa kedisiplinan, kepemimpinan, etika dasar, dan wawasan kebangsaan, ujarnya.

“Kita berharap materi yang diberikan akan dapat menambah wawasan, pengalaman baru, dan melahirkan siswa yang memiliki jiwa pemimpin, memiliki semangat juang, dan cinta Tanah Air,” ujar Evi.

Menurut Evi, kegiatan ini penting untuk membentengi generasi muda dari paham radikal dan efek negatif lain dari kemajuan teknologi.

“Sebagai pemerintah dan orang tua, kita khawatir dengan kondisi yang terjadi saat ini, maka harus mu,lai disaring dari sekarang dengan pendidikan bela negara," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023