Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh mengajak peserta pemilu di daerah itu mewujudkan pelaksanaan Pemilu 2024 yang berlangsung damai dan kondusif.

"Suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 adalah menjadi tanggungjawab kita bersama," katanya dalam acara sosialisasi pelaksanaan tahapan masa kampanye kepada 17 partai politik peserta Pemilu 2024 di Tanjung Pandan, Minggu.

Bupati berharap kepada para partai politik peserta Pemilu 2024, calon legislatif, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda dapat menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Peran tokoh agama maupun tokoh adat serta proses adat istiadat tidak boleh dilupakan agar pesta demokrasi di Belitung dapat berjalan lancar dan tidak terjadi musibah apapun bencana," ujarnya.

Sahani mengajak para kontestan dan tim sukses peserta Pemilu 2024 agar dapat bersaing secara sportif.

"Karena kita di Belitung ini tidak pernah ribut soal pemilu jadi kuncinya adalah di kontestan (peserta) pemilu untuk menyukseskan pelaksanaan tahapan kampanye pemilu. Tolong patuhi aturan dan tempat pemasangan alat peraga kampanye, jangan di dekat masjid, sekolah, dan lahan milik pemerintah," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah daerah juga telah berkomitmen untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 salah satunya adalah melalui Disdukcapil Belitung dengan terus melakukan pendataan terhadap pemilih pemula.

"Terutama kepada pemilih yang nantinya sebelum 14 Februari 2024 berusia 17 tahun dan memiliki hak pilih sehingga datanya terus kami perbaharui dan koordinasikan ke KPU serta Bawaslu," ujarnya.

Pemkab Belitung juga memberikan dukungan anggaran kepada KPU Belitung dan Bawaslu Belitung guna menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

"Dua hal ini menjadi pokok bagi kami di pemerintah daerah meskipun masa jabatan kami akan segera berakhir namun hal ini akan sampaikan ke Pj Bupati Belitung nanti," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023