Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2023, Swiss-Belhotel Pangkalpinang sebagai hotel bintang empat yang terletak di tengah Ibu Kota Kepulauan Provinsi Bangka Belitung tepatnya Kota Pangkalpinang mengadakan pelatihan bahasa isyarat tingkat dasar bagi seluruh staf hotel.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 bersama dengan SLB YPAC Pangkalpinang yang diwakili oleh Ibu Neneng Qodarsy dengan mengangkat tema “Sistem Isyarat Bahasa Indonesia,". Pelatihan ini dilakukan dengan penyampaian materi dan dipraktekkan langsung oleh seluruh staf dalam ruang lingkup pekerjaan yang juga diterapkan dalam industri perhotelan sebagai salah satu industri jasa yang melibatkan banyak individu dan mengutamakan kenyamanan dan pelayanan para tamu sehingga bahasa isyarat menjadi salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh setiap karyawan untuk dapat berkomunikasi non-verbal dengan menggunakan gerak tubuh.

Salah satu bentuk komunikasi non-verbal ialah bahasa isyarat yang digunakan oleh
teman-teman disabilitas untuk berkomunikasi, berinteraksi dan bekerja dengan orang lain. Tidak hanya bagi para disabilitas saja, bahasa isyarat juga dapat digunakan oleh siapa saja baik secara pribadi, kelompok atau dalam pekerjaan.

Andithia selaku General Manager In Charge mengatakan “Bahasa isyarat menjadi salah satu aspek penting dalam berkomunikasi yang masih sering terlewatkan. Dengan adanya pelatihan bahasa isyarat bagi para staf Swiss-Belhotel Pangkalpinang menjadi salah satu upaya kami selaku pihak manajemen untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan bagi seluruh tamu.

Antusiasme para staf dalam mengikuti pelatihan ini sangatlah besar karena dapat menambah soft skill dan pengetahuan, khususnya dalam melayani tamu apabila menggunakan bahasa isyarat.

"Kami berharap kegiatan pelatihan bahasa isyarat dapat diberikan kepada seluruh
lapisan masyarakat sehingga dapat memudahkan para teman-teman disabilitas dalam berinteraksi dan berkomunikasi dimanapun juga," ujarnya.

Swiss-Belhotel Pangkalpinang juga menawarkan berbagai diskon makanan dan minuman di Swiss-Café™ dan Lobby Lounge hingga 20% bagi para member Swiss-Belexecutive Card (SBEC), dan 15% bagi para pemegang kartu kredit yang bekerjasama dengan Swiss-Belhotel
International.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Swiss-Belhotel Pangkalpinang dapat langsung mengunjungi website di swiss-belhotel.com atau langsung menghubungi Whatsapp di nomor 0823-8686-1232.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023