Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar latihan gabungan penanggulangan bencana alam selama musim hujan, agar penanganan korban bencana alam dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

"latihan ini untuk menanggulangi semua kejadian bencana banjir, longsor dan lainnya secara cepat, tepat dan akurat," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Safrizal AZ saat membuka latihan gabungan di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan  kegiatan Latihan Lapangan Penanggulangan Bencana Alam di Lapangan Makorem 045/Gaya Pangkalpinang diikuti personil BPBD, TNI, Polri, Satpol PP dan instansi terkait lainnya ini, sebagai bentuk kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam mengatasi dan penanganan bencana alam selama musim hujan.

"Saat ini curah hujan mulai tinggi yang berpotensi meningkatkan frekuensi bencana alam, seperti banjir dan longsor yang harus selalu diwaspadai," ujarnya.

Ia menyatakan dalam penanggulangan bencana alam ini terdiri dari tiga bagian diantaranya pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana.

Pra-bencana sendiri dipecah menjadi dua bagian, yakni pencegahan dan mitigasi serta kesiapsiagaan. Dalam tahap pra bencana, diutarakannya terdiri dari beberapa aktivitas yang perlu dilakukan dalam meminimalisir resiko, baik itu jiwa maupun materi. Pertama yakni mengidentifikasi potensi bencana, kemudian  menginformasikan kepada masyarakat terhadap seluruh potensi resiko, terakhir menyusun Standard Operating Procedure (SOP).

"Kita melatih SOP tersebut seperti yang akan kita lakukan pada latihan hari ini, sehingga nantinya pada tahapan tanggap darurat, diharapkan apabila para personil telah memiliki kemampuan mitigasi yang baik, akan mampu meminimalisir resiko dari bencana alam itu sendiri, baik itu kerugian jiwa maupun materi," katanya.

Ia berharap mudah-mudahan latihan lapangan seperti ini, akan memupuk kerja sama antar aparatur yang ada di lapangan, sehingga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan saat keadaan tanggap darurat," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023