Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengawasi pelepasan surat suara pemilihan umum Tahun 2024 dari pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang menuju gudang logistik KPU Kabupaten/Kota dalam Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, EM Osykar, dalam sambutannya menekankan pentingnya sortir dua kontainer surat suara yang mencakup dua wilayah Kabupaten dan Pangkalpinang.

"Ada dua kontainer yang harus kita sortir karena tergabung surat suara di dua wilayah yakni Kabupaten Bangka dan Kota Pangkalpinang. Termasuk juga kontainer surat suara Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, walaupun surat suaranya sama, namun tetap ada keterangan wilayahnya," ujar Osykar.

Menurut Osykar seharusnya setiap kabupaten/kota itu satu kontainer  jadi harusnya ada 5 kontainer untuk kabupaten/kota di pulau Bangka, namun karena jumlah DPT di setiap kabupaten/kota tidak seimbang, ada yang banyak.

"Maka terdapat tujuh kontainer, di dalam dua kontainer itu terdapat satu jenis suara yang tergabung dengan antara dua atau tiga kabupaten/kota," terang Osykar.

Osykar juga mengaku sudah melakukan pembukaan segel disaksikan Bawaslu dan Kepolisian serta media dan kemudian akan dibongkar dan dinaikkan dalam truk untuk dilakukan pengiriman secara bersama-sama.

Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Husin menyampaikan, bahwa logistik Pemilu khusus untuk Surat Suara di lima jenis surat suara Pemilu untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu sudah ada, sudah siap di provinsi kita.

"Prinsipnya kami sebagai penyelenggara Pemilu akan mengamankan dan memastikan bahwa surat suara sebagai logistik yang penting dalam Pemilu dilakukan secara transparan, terjaga keamanannya utuh dan aman dan bisa kita siap," kata Husin.

EM Osykar juga menyampaikan arahan kepada jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota untuk mengawasi pendistribusian logistik ini secara melekat. Pembongkaran kontainer yang dilakukan hari itu semata-mata untuk memastikan ketepatan distribusi surat suara pada masing-masing wilayah kabupaten/Kota.

"Untuk pelepasan, kami harapkan jajaran Bawaslu dapat mengawal bersama rekan kepolisian agar sesuai dengan SOP yang sudah disepakati. Sesuai prosedur kami tetap awasi apa yang dilaksanakan oleh pihak KPU disaksikan berbagai pihak. Kita bongkar ini untuk membantu kelancaran dalam pengiriman," tutup Osykar.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023