Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima bantuan berupa satu unit kendaraan operasional sepeda motor untuk penanggulangan darurat bencana.

"Kendaraan itu merupakan bantuan dari Direktorat Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri -  Kemendagri," kata Kepala BPBD Bangka Tengah Yudhi Sabara di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, kendaraan yang diterima merupakan sepeda motor dengan merk Kawasaki jenis KLX 150cc.

"Kendaraan ini kita terima untuk kebutuhan operasional teman-teman di lapangan,” kata Yudhi.

Kendaraan operasional ini diberikan Kemendagri untuk beberapa daerah yang terpilih.

“Memang untuk kendaraan ini dibagikan ke seluruh wilayah di Indonesia, namun tidak semua daerah mendapatkan. Untuk di Babel ada empat kabupaten yang menerima, termasuk Bangka Tengah," katanya.

Yudhi berharap, bantuan kendaraan operasional ini dapat meningkatkan kinerja petugas tanggap darurat di lapangan.

"Terus meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat dan tetap sigap serta tanggap dalam memberikan bantuan darurat kepada warga," katanya.

Ia mengatakan pula, penanganan bencana menjadi urusan wajib pelayanan dasar sehingga penyelenggaraannya perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah.

“Bantuan ini tentu perlu kita siapkan sebagai sarana prasarana yang memadai dan dapat mendukung kinerja penyelenggaraan urusan bencana," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023