Jajaran Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memantau kondisi kesehatan para petugas dan pelaku perjalanan di Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

"Kegiatan ini kami laksanakan dengan mengerahkan sejumlah petugas Subsatgas Dokkes Operasi Lilin 2023-2024 Polres Bangka Barat agar seluruh petugas yang terlibat dan masyarakat bisa melakukan perjalanan dengan lancar," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka barat Ipda Ardianis di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di terminal tunggu penumpang di Pelabuhan Tanjungkalian tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para petugas dan para calon penumpang kapal.

"Mereka antusias untuk memantau kondisi kesehatan masing-masing, dan jika ada yang ditemukan dalam kondisi kurang sehat langsung diminta untuk istirahat agar tidak terjadi kendala saat melakukan perjalanan luar daerah," katanya.

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan polisi menjaga keselamatan para pelaku perjalanan, terutama bagi para sopir bus, minibus, truk dan kendaraan pribadi.

Selain itu, kegiatan juga untuk memastikan kesehatan personel yang terlibat dalam Operasi Lilin Menumbing 2023-2024 tetap fit dan sehat.

"Ini merupakan bentuk kesiapsiagaan Subsatgas Dokkes dalam memberikan pelayanan kesehatan, mereka juga melakukan patroli kesehatan dalam bentuk cek tensi di beberapa titik di kawasan Pelabuhan ASDP Mentok," katanya.

Pada kesempatan itu para petugas juga memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan selama perjalanan jarak jauh.

Petugas juga memberikan imbauan untuk selalu menaati peraturan lalu lintas, tetap hati-hati dalam berkendaraan agar keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas terlaksana dengan aman dan nyaman.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023