Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan sistem pelayanan kesehatan di seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) agar semakin mudah, efektif dan prima dalam menangani kebutuhan warga.

"Puskesmas sebagai garda terdepan dalam sistem pelayanan kesehatan memiliki peran strategis dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Kami berharap melalui berbagai program bisa dilaksanakan sesuai rencana untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Jumat.

Salah satu program Pemkab Bangka Barat dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di seluruh puskesmas di daerah itu adalah dengan menjadikan puskesmas sebagai badan layanan usaha daerah (BLUD).

"Di akhir tahun ini kita telah meluncurkan empat puskesmas sebagai BLUD, masing-masing Puskesmas Mentok, Tempilang, Kelapa dan Sekarbiru," ujarnya.

Kepada seluruh kepala puskesmas yang sudah ditetapkan sebagai BLUD tersebut diminta untuk untuk terus melakukan inovasi agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat semakin meningkat.

Selain itu, pola pencegahan dengan melakukan sosialisasi, edukasi dan membangun semangat gotong royong agar pola hidup bersih dan sehat bisa berjalan dengan baik juga perlu terus dilakukan dengan masif.

Ia berharap dengan adanya peningkatan menjadi BLUD, rumah sakit umum daerah dan puskesmas bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, serta bisa memperhatikan kualitas sarana dan fasilitas penunjang lainnya.

"Dengan adanya BLUD, Puskesmas bisa memiliki keleluasaan untuk mengelola sumber daya manusia secara efisien, mandiri, dan fleksibel dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Sapi'i Rangkuti, berharap peluncuran BLUD untuk empat puskesmas di daerah itu bisa memberikan manfaat bagi warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Peningkatan status menjadi BLUD, kami harapkan bukan hanya keleluasaan pengelolaan, namun juga harus diikuti peningkatan pelayanan dari seluruh petugas sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan prima," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023