Kepolisian Resor(Polres) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengawal dan melakukan pengamanan terhadap proses penyortiran surat suara Pemilu 2024.

"Kita siagakan sebanyak enam personel khusus mengawal proses penyortiran dan pelipatan surat suara," kata Kabag OPS Polres Bangka Selatan Kompol Elphiadi di Toboali, Sabtu.

Polres Bangka Selatan menempatkan dua personel Polwan untuk mengawasi proses di dalam gudang logistik, karena para tenaga pelipat surat suara didominasi kalangan perempuan.

Elphiandi menjelaskan, tugas pengamanan dalam pelipatan surat suara mengacu pada ketentuan atau prosedur di KPU, di antaranya melakukan pemeriksaan kepada setiap petugas sortir lipat yang akan memasuki ruangan, mengamankan jalannya proses sortir lipat surat suara, mengamankan barang bawaan petugas sortir lipat surat suara dan menegakkan tata tertib sortir lipat surat suara.

"Untuk surat suara yang dilipat meliputi Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten. Proses pengawasan berjalan lancar dan pengamanan ini masih dalam Operasi Mantab Brata (OMB) 2024," ujarnya.

Ketua KPU Bangka Selatan Muhidin mengatakan, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Bangka Selatan tercatat sebanyak 149.076 orang dengan rinciannya sebanyak 76.718 orang pemilih laki-laki dan 72.358 orang pemilih perempuan.

"Berdasarkan jumlah DPT tersebut KPU mengajukan jumlah surat suara yang dicetak, ditambah dua persen surat suara cadangan," ujar Muhidin.

Surat suara yang dilipat sebanyak 152.244 lembar ditambah dua persen cadangan sebanyak 3.168 lembar surat suara, dengan total surat suara yang dilipat 761.220 lembar.

Setelah dilakukan pelipatan dan penyortiran, kemudian surat suara tersebut didistribusikan ke 555 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di 53 desa/kelurahan.

"Jumlah surat suara yang rusak belum kita hitung, nanti akan diketahui setelah proses sortir-lipat selesai," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024