Personel Satgas Preventif Operasi Mantap Brata (OMB) Polres Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya Sub Satgas Pam Penyelenggara Pemilu dan Sub Satgas Pam Objek terus menggencarkan patroli dialogis untuk pemilu damai dalam tahapan masa kampanye. 

"Kegiatan itu adalah melaksanakan Pengamanan dan patroli cooling system di wilayah hukum Polres Bangka Selatan," kata Kapolres Bangka Selatan AKBP Trihanto Nugroho di Toboali, Rabu (10/1). 

Disampaikannya dalam Patroli tersebut personel Satgas Preventif sesekali berdialog dengan Masyarakat untuk menyampaikan himbauan tentang keamanan dan ketertiban Masyarakat (kamtibmas).

"Selain itu pada patroli dialogis, personel yang dipimpin Kasat Samapta AKP Perdana Win, S, S.I.P Selaku Kasatgas Preventif, juga melakukan pengecekan Gudang Logistik Pemilu sekaligus mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan,"kata dia. 

Menurut Kasat Samapta AKP.Perdana Patroli Skala Besar juga dilakukan untuk memantau situasi kamtibmas pada masa tahapan kampanye dalam rangka mewujudkan Pemilu aman, damai dan sejuk.

“Ini dilakukan untuk mengantisipasi segala sesuatu yang dapat terjadi di masa kampanye. Jadi dengan hadirnya Polisi diharapkan dapat memberikan rasa aman dan damai kepada masyarakat dan petugas penyelenggara pemilu,"kata dia. 

Dirinya meminta  kepada personel yang melaksanakan patroli dialogis agar melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, profesional dan humanis serta tugas kepolisian itu mengamankan dan tidak terlibat dalam kegiatan politik.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar melaksanakan proses kampanye sesuai dengan undang-undang yang berlaku dan tidak menyebarkan dan tidak mudah percaya terhadap isu-isu hoax atau berita bohong yang dapat mengganggu kondusifitas wilayah hukum Polres Bangka Selatan,"himbaunya.

Ia berharap masyarakat mengecek terlebih dahulu kebenaran suatu informasi sebelum membagikannya ke media sosialisasi sehingga masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak benar. 

“Sebaiknya sedini mungkin masyarakat mengecek kebenaran informasi sebelum mensharenya ke media sosial atau memberitahukan informasinya ke orang lain,"harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024