Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak warga yang memenuhi syarat bisa mendonorkan darahnya secara rutin guna membantu para pasien yang membutuhkannya.

"Saat ini banyak pasien, terutama mereka yang menderita demam berdarah, membutuhkan transfusi darah dalam bentuk trombosit. Maka dari itu saya mengimbau kepada seluruh warga yang sehat dan memenuhi persyaratan untuk ikut donor darah," kata Ketua PMI Kabupaten Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Selasa.

Menurut dia, donor darah selain untuk membantu sesama yang diharapkan bisa menjadi amal kebaikan, juga diyakini akan meningkatkan kesehatan pribadi bagi para pendonor.

"Kami selalu mengajak warga agar bisa bersama-sama membantu saudara kita yang baru sakit dan membutuhkan donor darah. Kepada dinas, kantor, organisasi yang berada di Bangka Barat kita selalu mengimbau untuk saling membantu," katanya.

Menurut dia, kegiatan rutin donor darah massal akan terus dilakukan dengan menjangkau hingga masyarakat desa guna meningkatkan stok darah sekaligus memberikan pemahaman pentingnya aksi sosial tersebut.

"Kita kemarin bekerja sama dengan Puskesmas Sekarbiru, Kecamatan Parittiga juga telah menggelar aksi tersebut dan berhasil mengumpulkan sebanyak 20 kantong," katanya.

Menurut dia, aksi tersebut dinilai berhasil karena selain mampu mengumpulkan 20 kantong darah juga mampu menggugah kesadaran warga ikut berperan dalam aksi kemanusiaan.

Kepala Puskesmas Sekarbiru Firli Prayudha mengatakan telah menyusun program untuk menggelar aksi donor darah massal dengan menjangkau warga di desa-desa guna membantu meningkatkan ketersediaan darah di PMI dan RSUD Sejiran Setason.

"Dalam beberapa tahun terakhir kita menggelar kegiatan kampung donor yang dilaksanakan rutin tiga bulan sekali," katanya.

Ia berharap dengan program tersebut masyarakat semakin sadar dan peduli melaksanakan donor darah di setiap kegiatan maupun pada saat ada pasien yang membutuhkan.

Aksi yang dilakukan Puskesmas Sekarbiru diharapkan bisa menjadi contoh puskesmas lain sehingga aksi donor darah bisa digelar rutin untuk membantu ketersediaan darah di PMI dan rumah sakit.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024