Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan tinggi pasang air laut di Membalong Kabupaten Belitung 2,09 meter berlaku pada Sabtu (2/7).

"Kepada warga di pesisir pantai itu dan nelayan diimbau untuk mewaspadai ketinggian air pasang tersebut karena sewaktu-waktu dapat membahayakan," ujar Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Nur Setiawan, Jumat.

Lebih lanjut dia menjelaskan, tinggi pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka mencapai 1,95 meter, Kelapa Kampit Belitung Timur 1,94 meter dan Toboali Bangka Selatan mencapai 1,89 meter.

Kemudian di Belinyu Kabupaten Bangka berkisar 1,23 meter, Tanjungpandan Belitung 1,28 meter dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat berkisar 1,31 meter.

Sementara itu, tinggi gelombang signifikan perairan di jalur penyeberangan Selat Bangka hingga 0,25 meter, Selatan Bangka 0,75 meter, Selat Gelasa, Utara Bangka dan Selat Karimata berkisar 0,75 meter.

"Ketinggian gelombang maksimum di seluruh perairan itu dapat mencapai dua kali dari ketinggian gelombang signifikan. Ketinggian gelombang laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung arah dan kecepatan angin," ujarnya.

Ia mengatakan, seluruh daratan di provinsi ini hanya berpotensi hujan dengan intensitas ringan, dengan kecepatan angin rata-rata 6-20 kilometer per jam dengan suhu 24-33 derajat celcius dan kelembaban udara 56-96 persen.

"Waspadai kondisi cuaca yang cepat berubah terutama dalam skala lokal," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016